Pemkab Indramayu Luncurkan Maskot dan Tagline Pilkada 2020

Indramayu - Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, meluncurkan maskot Kang Ilih dan Yu Milih serta tagline #GembiraKeTPS menjelang pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember mendatang di Gedung PGRI Sindang, Minggu (30/8).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh PPK di wilayah Kabupaten Indramayu, Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pimpinan partai politik, komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, dan komisioner KPU RI Dewa Raka Sandi, serta peserta lainnya.

Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat mengatakan, pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena penyelenggaraannya dilakukan di tengah situadi pandemi COVID-19.

"Di satu sisi kita menginginkan pelaksanaan pilkada berjalan dengan sukses dan tingginya partisipasi pemilih, di sisi lain juga ingin menjaga masyarakat agar tidak berkerumun sehingga terhindar dari wabah virus Corona," ujar Taufik.

Untuk itulah, tambah Taufik, 'gaya baru' teknis pemungutan suara di TPS dengan memakai protokol kesehatan harus dilakukan.

Dirinya menambahkan, penyesuaian teknis pemungutan suara bisa menjadi tantangan bagi penyelenggara pilkada.

"Untuk itu, semua pihak harus bersatu padu dalam menjaga masyarakat dari COVID-19, sekaligus menyesuaikan pelaksanaan pilkada," tegas Taufik.

Sementara itu, Komisioner KPU RI Dewa Raka Sandi mengatakan, Kabupaten Indramayu menjadi salah satu daerah yang sangat bagus dalam persiapan penyelenggaraan Pilkada 2020. Hal ini terbukti dengan sinergitasnya KPU dan Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam menyelenggarakan berbagai tahapan pilkada, selain itu juga berbagai torehan prestasi telah diraih oleh KPU setempat.

Sementara itu, Ketua KPU Indramayu Ahmad Toni Fatoni mengatakan, dalam launching 100 hari jelang Pilkada tersebut diluncurkan maskot Kang Ilih dan Yu Milih yang diambil dari salah satu hewan ikonik di Kabupaten Indramayu yakni Biawak serta tagline #GembiraKeTPS.

"Maskot dan tagline ini sebagai pengingat bahwa 9 Desember 2020 mendatang merupakan pesta demokrasi dan kita harus bergembira untuk mensukseskan pelaksanaannya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Ketua KPU Indramayu Ahmad Toni Fatoni.