Plt Bupati Muara Enim Harap Tradisi Melemang Jadi Kearifan Lokal

Muara Enim - Plt Bupati Muara Enim Juarsah menghadiri kegiatan panen raya dan melemang (10 Muharam) di Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Sabtu (29/8).

Kepala Desa Karang Raja Okta Vianty mengatakan, wilayah yang dipimpinnya bersyukur dan bangga bisa melalukan panen raya padi IP 200. Dirinya juga mengapresiasi tim yang telah bertugas dan juga masyarakat sehingga  kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.

"Sebagai rasa syukur, pemerintah desa juga menggelar pemberian lemang secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebagai bentuk penghormatan adat Desa Karang Raja," ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim Juarsah, dalam sambutannya berharap tradisi di Desa Karang Raja ini menjadi kearifan lokal.

"Warisan turun-temurun dari nenek moyang kita jangan sampai pudar. Jadikan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, sekaligus sebagai media silaturahnu kita dengan sesama, jiran tetangga, handai taulan dan sanak, keluarga. Meskipun tahun ini sedikit berbeda dengan suasana sederhana dan serba terbatas di tengah  pandemi COVID-19, namun saya yakin tidak akan mengurangi makna dan nilai dari kegiatan kita pada hari ini," ujarnya.

Selain itu, Juarsah juga mengapresiasi warga Desa Karang Raja atas dedikasinya dalam melestarikan tradisi melemang ini dan juga kerja kerasnya dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

"Semoga cita-cita Muara Enim Merakyat, yaitu Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera dapat diwujudkan bersama," harap Juarsah.