Dinas Koperasi UMKM Muara Enim Targetkan Dua Ribu UMKM Diberi Insentif

Muara Enim - Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Muara Enim menargetkan tahun 2020 ini sebanyak 2 ribu UMKM diberi bantuan dana insentif sebesar Rp1 juta.

Kita namakan bantuan sebesar Rp 1 juta untuk 2 ribu UMKM tersebut, ungkap Kepala Dinas Koperasi UMKM Muara Enim, Drs. Surdin, dengan nama Bantuan Modal Langsung Bagi Usaha Mikro Kecil Terdampak Covid-19 Tahun 2020.

Semula di Ruang Rapat Dinas Koperasi Muara Enim, Jumat 28 Agustus 2020 dilangsungkan rapat terkait dipimpin Sekda Muara Enim, Ir. Hasanudin, M.Si membahas verifikasi data calon penerima bantuan ini, hingga akhirnya pimpinan rapat diwakilkan Kepala Dinas Koperasi UMKM Muara Enim, Drs. Surdin.

Disampaikan Surdin, bahwa dengan adanya verifilasi data ini sebagai langkah croscek terhadap keberadaan UMKM. Dengan kriteria UMKM penerima Bantuan Modal Langsung Bagi Usaha Mikro Kecil Terdampak Covid-19 Tahun 2020 yaitu belum pernah menerima bantuan sejenis, contoh di Kota Muara Enim terdata ada 20 UMKM yang menerima, sedangkan di Desa - Desa ada yang sudah menerima bantuan sejenis jadi tidak berhak menerima bantuan ini.

Sedangkan data UMKM penerima bantuan ini, Dinas Koperasi UMKM Muara Enim menerima atau mendapat rekapan dari Pihak Kecamatan. Karena Pihak Kecamatan lebih tahu diwilayahnya baik di tingkat Desa maupun Kelurahan yang mana saja UMKM yang benar - benar bisa mendapatkan bantuan ini. Selain itu, UMKM yang berhak menerima bantuan dana ini minimal 1 tahun sudah berdiri.

Kemudian, pelaku usaha yang berkembang akibat dampak Covid-19 ini berkurang tenaga kerja, terkendala pemasaran dan modal habis setidaknya bisa terbantu dari adanya bantuan ini."Setidaknya bantuan ini sebagai motivasi untuk pelaku UMKM. Insya Allah bulan September 2020 ini dikucurkan ke rekening langsung dari masing - masing UMKM, tidak lewat Dinas Koperasi UMKM Muara Enim,"kata Surdin.