Disperindag Kabupaten Banjar Kembali Beri Bantuan Pelaku Industri

Martapura - Ahmad Nasir tersenyum bahagia setelah menerima bantuan sarana usaha perdagangan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (25/8). Pedagang pentol keliling dari Kelurahan Keraton ini mengaku senang karena rombong motornya menjadi baru.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada Disperindag Kabupaten Banjar yang sudah membantu saya," ujarnya.

Satu buah rombong motor sebelumnya diberikan Disperindag Kabupaten Banjar kepada pelaku usaha kategori Industri Kecil Menengah (IKM) Pedagang Kaki Lima (PKL), Nasir.

Sebelumnya juga sudah ada beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pedagang yang menerima bantuan sarana usaha melalui Disperindag Kabupaten Banjar.

"Bantuan sarana usaha ini ada beberapa, 10 gerobak motor, 50 gerobak dorong, 10 buah tenda untuk di pedagang di pasar dan dua gerobak suvernir," rinci Kadisperindag Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati.

Bantuan tersebut bersumber dari Kementerian Perdagangan RI yang diserahkan melalui Disperindag Kabupaten Banjar. Setelah diserahkan, tambah Made, barang yang sudah diterima diharapkan dapat dirawat sehingga dapat dimanfaatkan lebih lama. Selain itu, barang bantuan ini juga tidak boleh diperjualbelikan maupun dipindahtangankan.

"Harapan kami, semoga pelaku usaha IKM yang mendapat bantuan gerobak motor agar benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memasarkan hasil produk IKMnya, sehingga dapat meningkatkan penghasilan untuk kesejahteraan mereka," tambah Made.

Selain Nasir, sudah ada beberapa IKM yang sudah mendapatkan bantuan sarana usaha misalnya pedagang pasar unggas Gambut Baru, Dekranasda Kabupaten Banjar dan lainnya.

"Penyerahan bantuan kami lakukan bertahap, mengingat kini dalam situasi pandemi COVID-19. Barang bantuan datang juga secara bertahap, sehingga penyerahan tidak serentak," jelasnya.