Pemkab Sanggau Raih Penghargaan dari BPS RI

Sanggau – Pemerintah Kabupaten Sanggau mendapat penghargaan dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia atas prestasinya sebagai Kabupaten dengan capaian Respone rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online Tahun 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat diwakili Kepala Bidang Statistik Sosial, Sari Mariani dan didampingi Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sanggau, Alipius. Penyerahan dilaksanakan usai audiensi BPS bersama Bupati Sanggau, bertempat diruang kerja Bupati Sanggau, Selasa (25/8).

Bupati Sanggau Paolus Hadi menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Sanggau bahwa pelaksanaan sensus penduduk akan segera dilaksanakan dan dimulai pada tanggal 1 September 2020 mendatang.

“Nanti pelaksanaan ini tidak ada petugas yang datang langsung kerumah Ibu dan Bapak untuk mencatat yang dilakukan oleh petugas. Sensus ini karena kita masih dalam kondisi mencegah penularan pandemi Covid-19, maka dilakukanlah sensus penduduk mandiri dengan mengisi formulir atau kuesioner secara mandiri oleh masing-masing keluarga kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, nanti akan ada dari RT dan tentu juga petugas BPS kita yang mengantar formulir tersebut.

“Proses ini berlanjut sejak tanggal 1 September hingga 15 September Tahun 2020. Direntang itulah saudara sekalian masyarakat Kabupaten Sanggau diminta kesadarannya dan keseriusannya untuk mendata keluarga dan dirinya di dalam kependudukan Kabupaten kita dan tentunya kepentingan negara kita,” terangnya.

Bupati, Paolus Hadi meminta segera lakukan sensus tersebut, ikuti petunjuknya dan pasti akan ada disampaikan ketika penyerahan formulir.

“Ikut peduli kita mengisi Sensus Penduduk secara mandiri dan segera dikembalikan kepada petugas setelah saudara-saudara isi. Jangan tidak peduli, karena jika saudara-saudara tidak mengembalikan dan tidak mengisi formulir data penduduk maka saudara-saudara tidak tercatat sebagai penduduk Kabupaten Sanggau dan tentunya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik dan benar. Sukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020 ini, mari kepedulian kita menunjukkan bahwa kita Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik dan orang Sanggau bermartabat,” tegasnya.