Pemkab Muara Enim Ajak Masyarakat Ikuti Program Peremajaan Sawit

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah melakukan kunjungan kerja ke Desa Sumaja Makmur, Kecamatan Gunung Megang, dalam rangka acara Syukuran Pelaksanaan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) tahap I tahun 2019 dan Launching Tumbang Chipping Perdana Tahun Tanam 2020, Jumat (21/8).

Terkait program replanting atau peremajaan perkebunan sawit yang merupakan salah satu program “Merakyat” sesuai visi misi Bupati dari target sebesar 10 ribu hektar, saat ini telah terealisasi sebanyak lebih kurang 20 persen atau 2 ribu hektar.

"Pemkab Muara Enim mengajak masyarakat untuk tidak perlu ragu mengikuti program replanting ini, mumpung program ini masih ada dan pemerintah Kabupaten Muara Enim memberi kesempatan seluas-luasnya agar masyarakat dapat memanfaatkan hal ini," kata Juarsah.

Ditambahkannya, replanting ini saat ini sangat perlu karena hasil produksi perkebunan Kabupaten Muara Enim cenderung terus menurun yang salah satu sebabnya adalah usia tanaman yang tidak lagi produktif.

"Pemkab Muara Enim akan terus mensupport habis-habisan program peremajaan sawit ini baik melalui Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim maupun langsung ke kelompok tani dan koperasi," terangnya.

Juarsah juga berjanji membangun embung di Desa Sumaja Makmur yang selain digunakan untuk memaksimalkan pertanian, dapat juga dijadikan objek wisata yang dapat memberdayakan perekonomian masyarakat Desa Sumaja Makmur

"Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim juga diminta aktif untuk mensosialisasikan program peremajaan sawit ini kepada masyarakat serta mencari solusi mengatasi persoalan yang timbul dilapangan seperti masalah hama," ujarnya.

Terakhir, bupati meminta agar perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Muara Enim agar ikut berpartisipasi melalui dana CSR baik dari infrastruktur,sosial,budaya terutama di ring satu tempat operasinya.