Komunitas "Save Kali Cikarang" Bersihkan Sampah Sepanjang 2,5 Km

Cikarang – Memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020, komunitas "Save Kali Cikarang" melakukan aksi bersih-bersih sampah sepanjang 2,5 kilometer. Ratusan orang dari 90 komunitas bahu-membahu membersihkan Kali Cikarang.

Gerakan yang bertujuan memerdekakan Kali Cikarang tersebut, dimulai dengan upacara memperingati HUT RI ke-75 di Hutan Bambu Cikarang.

Perwakilan relawan yang berasal dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Bekasi Asmui Setiawan mengatakan, kegiatan aksi bersih-bersih yang digagas komunitas "Save Kali Cikarang" bertujuan mengembalikan kelestarian serta kebersihan air sungai yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Dalam aksi kali ini kami menurunkan 13 orang relawan kami, yang terbagi dua yaitu di air dan di darat. Kami kumpulkan sampah plastik yang ada di Bantaran Kali Cikarang,” ujarnya di Cikarang, Senin (17/8).

Sementara itu, Bupati Bekasi Eka Supria Atamaja mengaku akan selalu mendukung aksi dari komunitas "Save Kali Cikarang" yang mengusung tema memerdekakan Kali Cikarang.

"Langkah konkret dari kami Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membeli peralatan pengeruk sampah guna memudahkan pemantauan volume sampah khususnya yang ada di Kali Cikarang,” ujarnya.

Ia sempat menyusuri kali Cikarang menggunakan perahu karet. Saat menyusuri kali, Eka masih mengenakan seragam dinas berwarna putih sambil melambaikan tangan pada masyarakat yang hadir dilokasi itu.

"Langkah kedepannya kami akan mendata serta akan kita kukuhkan agar semangat mereka, apa saja keperluan mereka akan kita data yang penting kali ini bisa bersih kembali,” tegasnya.