HUT ke-75 RI, Wali Kota Kediri Kunjungi Rumah Veteran

Kediri - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar didampingi Ketua TP PKK Ferry Silviana Abu Bakar memberikan tali asih kepada veteran, perintis, dan janda perintis kemerdekaan di kediaman Hendrik Adolf Leonard Unwaru, salah satu perintis kemerdekaan di Kelurahan Lirboyo, Senin (17/8).

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan, pemberian tali asih kepada para pejuang ini merupakan kegiatan rutin setiap HUT Kemerdekaan RI.

“Biasanya kita adakan di Balai Kota. Tapi karena pandemi ya kita datang kesini agar tetap 'nyambung' lah silaturahminya. Kami mendoakan pahlawan yang mendahului kita amal ibadanya diterima dan mudah-mudahan dicatat sebagai amal jariyah yang luar biasa. Saya tidak bisa membalas apa-apa yang bisa kita lakukan ya silaturahmi seperti ini,” ujarnya.

Wali Kota yang akrab disapa Mas Abu ini mengatakan, banyak hal yang dapat diteladani dari cerita para pejuang. Salah satunya adalah nilai perjuangan yang dapat dijadikan motivasi generasi muda.

“Mereka bercerita kepada kami bahwa perjuangannya itu bukan perjuangan yang biasa. Bukan hanya air mata tapi darah juga. Mudah-mudahan kedatangan kami kesini bisa lebih memotivasi kami untuk terus berjuang lebih keras supaya paling tidak kita bisa memajukan Kota Kediri dan anak-anak muda bisa memajukan Indonesia. Jadi biar nyambung terus lah chemistry-nya,” imbuhnya.

Sementara itu, Hendrik Adolf Leonard Unwaru, salah satu perintis kemerdekaan mengaku bangga dan senang Wali Kota Kediri berkunjung ke kediamannya tepat di HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Hendrik Adolf Leonard Unwaru juga berpesan agar generasi muda harus lebih semangat dan lebih baik lagi.

“Saya bangga dan senang sekali Pak Wali Kota menghampiri kesini. Untuk generasi muda sekarang harus lebih maju lagi. Karena kalau zaman kami hidupnya serba kekurangan. Masih celana pendek, cekeran, jalan belum aspalan. Jadi anak-anak sekarang harus semangat dan lebih maju,” pesannya.

Selain pemberian tali asih, veteran, perintis dan janda perintis kemerdekaan juga mendapatkan paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, makanan kaleng, mie instan dan nutrisi untuk lansia berupa susu.