"Kamling" Disambut Meriah Masyarakat Rambatan Kulon Indramayu

Indramayu – Masyarakat antusias menyambut program perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) keliling (kamling) yang dicanangkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), di Kantor Desa Rambatan Kulon, Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Jumat (14/8).

Salah seorang warga setempat, Heri Maryono menilai keberadaan program kamling di desanya saat ini sangat bermanfaat dalam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dengan cepat dan langsung selesai.

“Pertama diberitahu oleh tetangga bahwa di Kantor Desa Rambatan Kulon ada perekaman e-KTP, kebetulan saya KTP-nya masih surat keterangan (Suket) setelah melakukan pelayanan, langsung jadi e-KTPnya. Intinya sangat bermanfaat sekali,” katanya.

Sementara itu, Camat Lohbener Udin Casudin menjelaskan, kegiatan kamling ini selain bertujuan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan adminduk yang efektif dan efesien juga  dalam rangka mendukung suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Indramayu pada 9 Desember mendatang.

“Karena syarat sebagai daftar pemilih sekarang pada Pilkada 2020 di Kabupaten nanti harus mempunyai e-KTP asli dan bukan SUKET lagi. Sekarang Pemerintah Kabupaten Indramayu sudah menyediakan blanko dari Kementerian Dalam Negeri,” jelasnya.