Atasi Dampak COVID-19, Pemkab Banjar Siapkan Lapangan Pekerjaan

Martapura - Persiapan penyediaan lapangan pekerjaan menjadi target utama Pemkab Banjar di semester II tahun 2020 untuk mengatasi dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banjar Galuh Tantri Narendra di Martapura, Jumat (14/8), mengatakan pemda akan melakukan pemulihan ekonomi dengan menyiapkan lapangan pekerjaan.

"Kita lagi berduka, dimana pandemi ini berdampak bagi ekonomi Kabupaten Banjar dan kita harus melakukan pemulihan ekonomi dengan menyiapkan lapangan pekerjaan, dan kini kita minta agar masyarakat tangguh," jelasnya.

Tantri mengatakan, persiapan lapangan pekerjaan demi mengejar pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banjar.

"Memang sektor utama Kabupaten Banjar adalah pertanian dan perikanan, namun potensi terbesar adalah barang dan jasa," ujar Tantri.

Terkait masyarakat Kabupaten yang produktif, Sekda Kabupaten Banjar M Hilman mengakui memang wilahnya merupakan lumbung pangan Kalimantan Selatan dan diharapkan menjadi lumbung pangan nasional nantinya. Karenanya sektor pertanian, perikanan, kehutanan dan perkebunan menjadi sektor utama yang akan disiapkan di akhir ini.

"Sebagian besar masyarakat kita memang bekerja di sektor itu, sehingga titik fokus kita untuk sektor tersebut," ujarnya.

Sektor tersebut, ujarnya, akan dimanfaatkan secara optimal meskipun selain sektor tersebut Kabupaten Banjar juga tumbuh di sektor barang dan jasa karena Kabupaten Banjar berada di lokasi strategis.

Berdasarkan data Disnakertrans Kabupaten Banjar, ada 305 karyawan dari Kabupaten Banjar yang dirumahkan, sementara yang harus di-PHK ada 25 orang saat pandemi COVID-19.