Upacara Peringatan Hari Pramuka ke- 59 di Gelar Virtual

Ngawi - Hari Pramuka ke- 59 Tahun 2020 diperingati secara virtual bertempat di Pendopo Wedya Graha,

Peringatan kali ini, diikuti serentak oleh 34 kelompok peserta Kwartir Daerah se Indonesia termasuk Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Kabupaten Ngawi.

Upacara peringatan dipimpin Presiden RI Joko Widodo dari Istana Negara, Jakarta, sedangkan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Budi Waseso di Gedung Pandan Sari Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur.

Pada kesempatan ini Budi Waseso mengungkapkan alasan upacara peringatan Hari Pramuka kali ini dilakukan secara virtual karena untuk mencegah penularan COVID-19, sekaligus implementasi protokol kesehatan.

"Peringatan Hari Pramuka ke - 59 ini, dilakukan dengan menyesuaikan kondisi pandemi yaitu secara daring," katanya.

Sementara Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya menegaskan Pramuka Indonesia sejak bernama Pandu selalu mencetak generasi tangguh menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar terhadap rintangan, selalu peduli serta siap berkorban untuk sesama.

“Dan di era pandemi OVID-19  jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan. Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin jaga jarak dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya,” ujarnya.

Usai upacara peringatan Wakil Bupati Ngawi sekaligus Ketua Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Ngawi Ony Anwar mengungkapkan Pramuka menjadi bagian bersama Pemerintah Daerah dalam pencegahan Covid-19 di Kabupaten Ngawi.

" Karena ikut andil di dalam Tim Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Ngawi seperti ikut serta melakukan penyekatan diperbatasan, penyemprotan desinfektan, sosialisasi serta pembagian masker," terangnya.

Ony Anwar berpesan untuk seluruh anggota Pramuka di Kabupaten Ngawi untuk selalu menanamkan pendidikan karakter terutama dalam upaya pencegahan Covid-19 di Ngawi.

"Ditengah pandemi ini adik - adik Pramuka Kabupaten Ngawi, jangan berhenti berkreasi serta bersama pemerintah mencegah Covid-19," ujarnya.

Turut hadir dalam upacara virtual peringatan hari Pramuka ini, Bupati Ngawi, Budi Sulistyono bersama unsur Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Andalan Kwarcab Kabupaten Ngawi. (Kominfo)