Posko Pantau Karhutla Berdiri di Kabupaten Banjar, Empat Posko Menyusul

Martapura - Hingga kini baru satu posko induk pantau karhutla yang didirikan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, yakni di halaman kantor BPBD yang sudah dibangun sejak sepekan lalu.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar Irwan Kumar mengatakan, memang rencananya akan ada lima posko pantau kebakaran hutan dan lahan (karhutla), namun yang sudah dibangun baru satu, yakni posko induk.

"Perlengkapan semuanya sudah siap, tinggal dibangun saja, cuma kita masih memilih lokasi yang tepat," ujarnya di Martapura, Selasa (11/8).

Posko lapangan yang belum dibangun, ujarnya, nantinya akan mem-backup posko induk, sehingga petugas dari posko lapangan bisa langsung mendatangi titip api yang ditemukan satelit.

Terkait titik api di Kabupaten Banjar, dirinya menjelaskan memang sudah ditemukan beberapa, misalnya kemarin ditemukan dua titik api di Kecamatan Astambul. Titik api menghanguskan lahan semak belukar dan padam karena hujan dan api tidak sempat membesar dan merembet ke lahan lain.

"Begitu ada titik api petugas langsung ke sana dan ternyata sudah padam karena hujan," imbuhnya.

Titik api jelasnya saat ini terpantau masih minim, meski begitu pihaknya tetap waspada dengan kesiapan peralatan dan petugas.