Pemkab Muara Enim Siap Dukung PLKB Non PNS

Muara Enim - Bersama Perwakilan Penyuluh KB / Petugas Lapangan KB (PLKB) non PNS Lingkup Pemkab Muara Enim,  Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Dr Yan Riyadi yang juga sekaligus Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Muara Enim mengikuti audiensi PLKB Non PNS dengan Bupati / Walikota Seluruh Indonesia melalui Zoom Meeting, Selasa (11/08).

"Pemkab Muara Enim tetap berharap untuk tindak lanjut yang nyata terhadap kondisi ataupun posisi dari PLKB lapangan kita. Semoga PLKB non PNS Lingkup Pemkab Muara Enim dapat segera mendapatkan angin segar, artinya dapat jalan untuk menuju PNS baik dari jalur CPNS ataupun PPPK,” ujar  Yan Riyadi.

Untuk saat ini terang Yan Riyadi, Jumlah PLKB Pemkab Muara Enim ada 49 orang terdiri dari 10 orang non PNS dan 39 PNS.

Jika berdasarkan jumlah Desa di Kabupaten Muara Enim terdapat 256 Desa dan idealnya satu orang per dua desa artinya masih banyak sekali kekurangnya.

"Untuk mencukupi hal tersebut akan kita lakukan pemetaan sehingga bisa dipenuhi secara bertahap dalam waktu lima tahun kemudian supaya rasio petugas lapangan terhadap jumlah desa makin mengecil dan hasilnya pun semakin efektif," ujarnya.

Kepala BKKBN Pusat Hasto Wardoyo mengatakan keberadaan PLKB non PNS dalam pelayanan kependudukan sangatlah membantu karena berdasarkan dari beberapa keterangan, pekerjaan dan kinerja dari PLKB non PNS tidak jauh berbeda dengan PNS sehingga sudah seharusnya diberikan bantuan penerima manfaat dari penggunaan anggaran.