TP-PKK Sanggau Kampanyekan Gerakan Setengah Miliar Masker

Sanggau - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) bersama Bupati Sanggau Paolus Hadi melakukan kampanye Gerakan Setengah Miliar Masker secara virtual di ruang rapat kantor bupati, Senin (10/8).

Adapun Gerakan Setengah Miliar Masker ini diinisiasi Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dalam surat edarannya ke seluruh daerah dalam rangka mewujudkan desa yang aman COVID-19

Adapun isi SE Kemendes PDTT itu yakni pertama, kepala desa wajib melakukan pengadaan masker kain yang bisa dicuci sebanyak 4 buah setiap warga, 2 masker dianggarkan melalui Dana Desa Bumdes, sedangkan 2 masker melalui swadaya warga (gotong royong).

Kedua, desain masker berlogo HUT ke -75 Kemerdekaan RI sebagaimana terlampir dan dapat di unduh di www.kemendesa.go.id.

Ketiga, distribusi dan sosialisasi penggunaan masker dilaksanakan door to door oleh ibu-ibu TP-PKK.

Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina mengatakan, dirinya sudah diberikan pengarahan oleh kementerian bahwa secara umum masyarakat semua harus menggunakannya masker saat beraktivitas di tempat umum.

"Oleh karena itu kepada TP-PKK secara berjenjang di tingkat kecamatan dan desa bisa bekerjasama dan mewujudkan sosialisasi penggunaan masker ini agar ada kesadaran oleh masyarakat bahwa masker adalah suatu kebutuhan," ujarnya.

Kemudian Arita juga berpesan kepada jajaran tim penggerak desa supaya bersama-sama melaksanakan instruksi dari Kemendes PDTT untuk mengadakan lomba aman COVID-19, tentunya hal ini berkaitan dengan 10 program PKK untuk mencapai masyarakat yang sehat dan warga sejahtera.