Jelang Pembelajaran Tatap Muka, SMAN 1 Singkawang Gelar Tes Swab

Singkawang - Jelang pelaksanaan proses belajar mengajar tatap muka di sekolah, ratusan guru dan siswa SMA Negeri 1 Singkawang melaksanakan tes swab.

Kepala Bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang Sri Sumiyati, Senin (10/8), mengatakan pelaksanaan swab test ini dalam rangka menghadapi proses belajar mengajar tatap muka di sekolah.

“Para guru dan seluruh siswa kelas XII diwajibkan untuk mengikuti tes swab,” kata Sri Sumiyati.

Menurut Sri, secara keseluruhan baik guru maupun siswa yang menjalani tes swab ada sekitar seratusan orang, sedangkan sampel dari pemeriksaan akan dkirim ke Pontianak.

Sementara itu, Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang Ruchanihadi mengungkapkan, dalam kegiatan ini pihaknya mengerahkan sebanyak 20 personel sedangkan dari Dinas Kesehatan ada 10 personel. Adapun pelaksanaan tes dilakukan dengan dua cara yaitu khusus kepala sekolah, guru, penjaga sekolah dan penjaga kantin dilakukan swab PCR, sedangkan siswa menjalani pemeriksaan rapid antigen.

“Untuk pemeriksaan swab dengan PCR sampel akan dikirim ke Pontianak, sedangkan pemeriksaan dengan rapid antigen sudah bisa diketahui pada hari ini. Alhamdulilah semua siswa yang menjalani pemeriksaan pada gelombang pertama hasilnya non reaktif,” paparnya.