DP2KBP3A Ciamis Evaluasi Kegiatan TPD Tingkat Jabar

Ciamis - Pencapaian permintaan masyarakat (PPM) dan suksesnya program Bangga Kencana di Provinsi Jawa Barat, tidak lepas dari sinergitas para pengelola program Bangga Kencana mulai dari tingkat Kabupaten hingga ke tingkat Desa, PKB/PLKB,TPD,PPKBD merupakan ujung tombak pengelola program Bangga Kencana di tingkat lini lapanga.

Atas dasar tersebut, DP2KBP3A Kabupaten Ciamis melakukan evaluasi sekaligus pembinaan para Tenaga Penggerak Desa (TPD/K) dari setiap kecamatan se-Kabupaten Ciamis di Aula Bappeda Ciamis, Kamis (6/8).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Uung Kusmana mengatakan, KB tidak hanya melulu tentang urusan rumah tangga, banyak hal yang harus lebih dipahami. Pihaknya mengatakan, sejauh ini program Bangga Kencana selalu ada saja yang menentang dengan alasan bahwa banyak anak justru banyak rezeki, namun demikian itu memiliki arti yang belum selesai, artinya banyak anak banyak rezeki yang harus dicari.

"Maka dari itu alangkah baiknya apabila kita mengikuti program KB, karena berencana itu keten, dua anak lebih sehat," ungkapnya

Uung juga memberikan selamat atas prestasi yang sudah diraih oleh Dinas P2KBP3A Kabupaten Ciamis.

"Adalah capaian yang sangat luar biasa, bahkan empat penghargaan sekaligus dapat diborong langsung oleh DP2KBP3A Kabupaten Ciamis," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas P2KBP3A Dondon Rudiana mengatakan, banyak berbagai rintangan dan kendala di lapangan, ditambah dengan adanya pandemi COVID-19.

Kendati demikian, ujarnya, hal itu tidak membuat para pelaku program Bangga Kencana lelah ataupun menyerah, capaian tersebut tidak lepas dari sinergitas para pelaku, baik PKB/PLKB,TPD, PPKBD merupakan ujung tombak di tingkat lini lapangan, tetap berupaya dan bersemangat mengajak warga masyarakat tanpa mengenal lelah.

"Itulah salah satu ciri khas pelaku program Bangga Kencana di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Ciamis," ujarnya.

Ditambahkan Kepala DP2KBP3A Kabupaten Ciamis, pada tahun ini jajaranya mendapatkan empat prestasi yang cukup membanggakan, diantaranya TPD terbaik 1 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2020 yang diraih atas nama Eti Carkiti dari Kecamatan Ciamis

Sementara untuk Akseptor Lestari 15 Tahun, Juara terbaik II (Dua) tingkat Provinsi Jawa Barat, atas nama Nunung Nurhasanah dan Ija Kustija dari Kecamatan Cikoneng

Abdul Hana dari Kecamatan Tambaksari mendapatkan juara harapan 1 PKB TK Provinsi Jawa Barat dan harapan satu Akseptor Lestari 20 tahun atas nama Eruk Rukayati dan Tatang dari Kecamatan Rajadesa

Ditambahkan Kadis P2KBP3A, program Bangga Kencana di Kabupaten Ciamis ini adalah merupakan bagian pelaksanaan dari Visi dan Misi tentang pemberdayaan manusia yang lebih baik, tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat memberikan ucapan selamat serta penghargaan kepada para peraih penghargaan atas capaian prestasi yang diraihnya.

Turut hadir juga dalam acara tersebut, perwakilan dari Dinas KB Kabupaten dan Kota Banjar.