Buka Diklat Calon Paskibraka, Wawali Denpasar: Laksanakan dengan Penuh Tanggung Jawab

Denpasar - Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa membuka Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Denpasar Tahun 2024 yang ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis di The Cakra Hotel, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur pada Minggu (4/8).

Diklat tersebut dilaksanakan bertujuan untuk membina fisik, mental dan skill para calon Paskibraka Kota Denpasar tahun 2024.

Jaya Negara, dalam sambutan yang dibacakan Wakil Wali Kota Denpasar Arya Wibawa mengapresiasi seluruh anggota pendidikan dan pelatihan Paskibraka Denpasar tahun 2024.

"Saya menyambut baik seluruh rangkaian kegiatan ini. Diharapkan dalam kegiatan diklat ini adik-adik calon paskibraka Kota Denpasar Tahun 2024 ini dapat melaksanakan diklat dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab," ujarnya.

Lebih lanjut Arya Wibawa mengatakan, menjadi Paskibraka merupakan tugas kenegaraan, sehingga petugas yang terpilih sebagai calon anggota Paskibraka ini diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, disiplin, dan penuh tanggung jawab.

"Saya yakin kalian semua adalah pribadi yang tangguh dan kuat untuk melaksanakan tugas kenegaraan yang mulia ini," tandas Arya Wibawa.

Sementara itu, Kabid Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Kota Denpasar IB Andika Putra Manuaba mengatakan,  seluruh Paskibraka ini akan bertugas dalam pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih saat upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Lebih lanjut dikatakannya, adapun peserta yang dipilih untuk mengikuti pelatihan tahun ini sebanyak 78 orang dengan rincian putra sebanyak 38 orang dan putri sebanyak 40 orang. Dimana seluruh peserta ini dipilih dari perwakilan seluruh sekolah SMA/SMK, baik itu dari sekolah negeri, swasta, dan termasuk sekolah madrasah yang ada di Kota Denpasar.

"Kami berharap dengan dilaksanakannya pelatihan ini selain dapat meningkatkan rasa percaya diri pada para calon paskibraka, juga dapat melatih kemandirian anak karena dalam diklat ini seluruh peserta akan jauh dari keluarga dan melengkapi berbagai keperluannya dengan sendiri," kata IB Andika.

Selebihnya IB Andika juga mengatakan tak hanya sampai disini, diharapkan juga perjuangan adik-adik kedepannya dapat kejenjang yang kebih tinggi agar dapar menjadi duta Pancasila sehingga dapat melahirkan pemimpin bangsa yang handal dan taat terhadap nilai-nilai ideologi Pancasila.