Pj Sekdakab Bogor: KNPI Jadi Laboratorium Kader Bangsa yang Berwawasan Kebangsaan

Cibinong - Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Suryanto Putra mengatakan, peran Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai laboratorium kader bangsa yang independen dan berwawasan kebangsaan, seperti yang tertulis di anggaran dasar organisasi.

Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri peringatan hari lahir (Harlah) KNPI ke-51 Tahun 2024, di Gedung DPD KNPI Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu (31/7).

Hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, perwakilan Forkopimda, DPD KNPI Jawa Barat, Ketua MPI DPD KNPI Kabupaten Bogor, Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor, Ketua PK KNPI dan OKP se-Kabupaten Bogor, serta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

"Di usianya yang genap setengah abad lebih, KNPI seyogyanya terus konsisten terhadap perannya sebagai laboratorium kader bangsa yang independen dan berwawasan kebangsaan, seperti yang tertulis di anggaran dasar organisasi," kata Suryanto.

Suryanto menjelaskan, KNPI adalah organisasi yang lahir melalui deklarasi pemuda Indonesia, yang bertujuan menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran, sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

"Sebagai mitra strategis Pemkab Bogor saya berharap KNPI melalui program kegiatan dan jaringannya, mampu mendorong berkembangnya sifat adaptif, kreatif, inovatif, kolaboratif, dan jiwa enterpreneur di kalangan pemuda," jelas Suryanto.

Ia melanjutkan, merekatkan persatuan dan kesatuan di masyarakat, berperan aktif dan berkontribusi positif dalam dinamika sosial politik dan pembangunan untuk kemajuan bangsa. Karena kedudukan pemuda sebagai generasi penerus bangsa, memiliki peranan penting dalam pembangunan, dimana pemuda memiliki potensi yang besar untuk menjadi agen perubahan dan pelopor kemajuan bangsa.

"Atas nama Pemkab Bogor mengucapkan selamat ulang tahun kepada KNPI yang ke-51. Semoga terus maju dan berkembang sebagai wadah pemersatu dan pembinaan pemuda-pemudi berprestasi," tandas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Suryanto Putra.