Diguyur Hujan, Sejumlah Ruas Jalan di Singkawang Terendam Banjir

Singkawang - Hujan deras yang mengguyur Kota Singkawang pada hari Rabu, (29/7) malam, mengakibatkan sejumlah ruas jalan tergenang banjir, Kamis (30/7).

Bahkan banjir kali ini hampir merata di setiap ruas jalan dan terpaksa harus dilakukan evakuasi terhadap warga yang tinggal di bantaran Sungai Singkawang.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Singkawang Jayadi mengatakan, berdasarkan pantauannya pada Kamis pagi, 12 daerah yang sudah dipetakan sebagai titik rawan banjir, cuma satu daerah saja yang sampai saat ini masih aman.

"Dari 12 lokasi yang rawan banjir hanya satu lokasi yakni Jalan Hamid Matali Setapuk Kecil yang sampai saat ini masih aman dari banjir. Artinya, sekitar 50-60 perswn Kota Singkawang sudah mengalami banjir, khususnya di lima kecamatan," katanya.

Sedangkan ketinggian air bervariasi, mulai dari 2 Cm sampai 1,20 meter khususnya di Pasar Baru dalam. Sehingga BPBD, tim SAR, Kepolisian dan Tagana Singkawang akan melakukan evakuasi terhadap warga yang tinggal di bantaran Sungai Singkawang (Pasar Baru dalam).

Menurutnya, Pemkot Singkawang sudah berusaha keras dalam mengantisipasi banjir sepanjang musim penghujan sekarang ini.

Bahkan, ujar Jayadi, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie juga sudah menyampaikan imbauan kepada warga untuk berhati-hati dalam menghadapi musim hujan tahun ini.