Di Tengah Pandemi COVID-19, Disarpus Indramayu Gelar Lomba Bercerita

Indramayu –  Pandemi virus corona (COVID-19) tidak menjadi halangan bagi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) untuk kembali menggelar lomba bercerita bagi siswa Sekolah Dasar (SD) tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2020.

Lomba bercerita itu diikuti 21 peserta anak-anak Sekolah (SD) dari 21 kecamatan se-Kabupaten Indramayu. Dimana lomba bercerita dilaksanakan secara visual di eruang audio visual Disarpus Indramayu, Selasa (28/7).

Plt Kepala Disarpus Kabupaten Indramayu Dadang Rusyanto mengatakan, lomba kali ini diselenggarakan berbeda dengan yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, karena masih dalam suasana COVID-19.

“Dengan keterbatasan di masa pandemi COVID-19 ini, kegiatan lomba bercerita kali dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan,” katanya di Indramayu, Rabu (29/7).

Ia menambahkan, lewat lomba bercerita yang setiap tahun diselanggarakan merupakan langkah untuk terus menghidupkan sejak dini anak-anak di tingkat SD selalu gemar membaca, termasuk mempopulerkan buku-buku cerita budaya yang berasal dari sejumlah daerah.

“Pastinya lomba bercerita ini yang diikuti anak-anak SD karena mereka membaca buku terlebih dahulu. Ini merupakan implementasi untuk menumbuhkembangkan anak-anak untuk membaca,” tambahnya.

Dadang mengatakan, juara pada lomba bercerita tahun ini selanjutnya akan dikirim mewakili Kabupaten Indramayu untuk mengikuti lomba bercerita tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2020.

Disarpus Indramayu sendiri dalam penyelenggaraan lomba bercerita tersebut, menghadirkan juri Supali Kasim, penulis dan budayawan, Ma'nunayu, budayawan dan Eni Sukaenih, pengawas SD Disdik Indramayu.

Kasim menyebutkan, adapun kegiatan dimaksud tetap berjalan dengan protokol kesehatan, syaratnya para peserta mengirimkan video saat bercerita kepada panitia lomba bercerita dengan durasi 7-10 menit.

“Syaratnya untuk peserta lomba bercerita di masa pandemi ini peserta mengirimkan video rekaman bercerita durasi 7-10 menit. Peserta tidak diperkenankan melakukan editing dan video dikirim lewat e-mail panitia atau WhatsApp,” ujarnya.

Setelah dilakukan penilaian oleh para juri, telah ditetapkan 5 besar pemenang lomba bercerita yakni Juara I diraih Riyasatus Sakhiya dari SDN 2 Dadap, Juara II diaraih  Aulia Kheisya Safira dari SDN 2 Jatibarang dan Juara III diraih Albert dari SDN 2 Patrol. Sementara Juara Harapan I diraih citra Asih dari SDN 2 Santing, Juara Harapan II diraih Fardi Darussalam dari SDN 1 Plumbon dan Juara Harapan III diraih Pingar Qutsha A dari SDN Haurgeuliskolot.