Peringati Hari Bumi 2024, Pemkab Pangkep Tanam 1.000 Pohon

Pangkep - Pemerintah Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas lingkungan hidup (DLH) melakukan penanaman 1.000 pohon dalam rangka memperingati Hari Bumi 2024.

Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana didampingi Kepala DLH Pangkep Akbar Yunus melakukan penanaman pohon di area Rumah Susun ASN, Kompleks Terminal Baru, Bungoro, Senin (22/4).

Wabup Syahban mengatakan, penanaman pohon ini bukan sekadar seremoni, akan tetapi harus berkesinambungan. Artinya, pohon yang telah ditanam harus dirawat dan dijaga.

Penanaman pohon, lanjut Syahban, diharapkan juga dapat dijadikan instropeksi diri terkait banyaknya bencana alam yang terjadi.

"Fenomena bencana bukan hanya faktor alam tapi juga karena manusianya. Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi sarana instropeksi diri untuk menjaga alam," tegasnya.

Sementara itu, Kepala DLH Pangkep Akbar Yunus menyampaikan, pohon yang disiapkan sebanyak 1.000 bibit yang berasal dari kegiatan sedekah pohon oleh instansi pemerintah, termasuk sekolah pengelola Adiwiyata.

"Inti kegiatan hari ini penanaman pohon dan sedekah pohon. Bagi masyarakat yang menginginkan bibit pohon bisa ke kantor DLH, " katanya.

Ia menjelaskan, ribuan bibit tersebut beragam, seperti jambu kristal, durian, sirsak, jati, mahoni, pucuk merah, dan glodo.