Bupati Tanah Datar: Alek Pacu Jawi Disambut Antusias Masyarakat dan Wisatawan

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra menutup secara resmi Alek Pacu Jawi yang digelar di Sawah Banda Bawah, Jorong Monas, Nagari Sawah Tangah, Kecamatan Pariangan, Sabtu (3/2).

Bupati Eka menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas terlaksananya event anak nagari dengan aman, lancar dan meriah yang banyak dikunjungi masyarakat.

"Ini merupakan event wisata di awal tahun 2024. Saya melihat antusias masyarakat untuk menyaksikannya sangat luar biasa, bahkan hari ini juga dikunjungi dari wisatawan mancanegara dan perantau," jelasnya.

Dikatakan Bupati Eka, alek pacu jawi merupakan event wisata di Tanah Datar yang sudah menjadi tontonan dan kunjungan wisata domestik dan luar negeri yang dilaksanakan konsisten setiap Sabtu.

"Kegiatan Alek Pacu Jawi ini merupakan salah satu olahraga budaya tradisi yang masih ada dan menjadi program unggulan kami di Kabupaten Tanah Datar. Ini program kebanggaan kami, bahkan pengunjungnya sangat besar. Mudah-mudahan olahraga pacu Jawi ini juga meningkatkan wisatawan dan ekonomi masyarakat di Nagari tempat lokasi pacu Jawi tersebut," ucapnya.

Untuk itu, tambah Bupat Eka, Alek Pacu Jawi yang menjadi salah satu objek kunjungan wisatawan di kabupaten Tanah Datar, harus terus dilestarikan untuk masa-masa yang akan datang.

Tidak itu saja, Bupati Eka mengatakan, di samping sebagai event wisata, alek pacu jawi juga sebagai ajang silaturahmi Pemerintah Daerah dengan masyarakat maupun antara sesama masyarakat.

"Dalam event ini, saya sebagai pimpinan daerah juga bisa mengetahui apa yang dibutukan oleh masyarakat secara langsung. Seperti di areal sawah Banda Bawah ini yang membutuhkan saluran irigasi, dan Insya Allah yang jadi kebutuhan ini akan kita tindaklanjuti melalui dinas terkait," pungkasnya.