Pemkab Bondowoso Dorong Keterampilan Warga Binaan

Bondowoso - Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat menginginkan warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Bondowoso agar mendapatkan pembinaan keterampilan.

"Nanti kita akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lapas II B. Harapannya, warga binaan ini harus diberikan pelatihan sehingga begitu keluar dari Lapas ini, mereka sudah punya skill sehingga bisa bekerja," tuturnya usai mengikuti Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan di halaman Lapas Kelas II B Kabupaten Bondowoso, Sabtu (27/4).

Dengan begitu, imbuh Wabup Irwan, mereka (warga binaan) yang telah habis masa kurungannya dapat langsung mengabdi pada masyarakat.

"Kita akan melihat apa yang telah dilakukan warga binaan disini, nanti kita akan melakukan MoU dengan Kepala Lapas II B. Akan kita tindaklanjuti dengan memberikan bantuan peralatan maupun akses permodalan,” jelas Wabup kelahiran Bondowoso ini.

Plt Kepala Lapas II B, Mali Jumali menyebutkan bahwa warga binaannya saat ini berjumlah 359 orang, namun baru 11 orang yang memiliki bakat untuk melakukan pembuatan karya seni seperti membuat miniatur kapal pinisi yang terbuat dari kertas bekas. Selain itu, miniatur gerbong maut dan lain-lain.

"Kita fokuskan nanti yang sudah memiliki bakat. Kalau yang belum memiliki bakat, tetap mengikuti kegiatan kerohanian dan masih ada kegiatan lainnya," pungkasnya. (kominfo)