Peringati HUT ke-3, KIT Batang Serahkan Infrastruktur dari Kementerian PUPR

Batang - Grand Batang City atau lebih dikenal dengan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang menggelar perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-3 pada Minggu (10/12).

Direktur Utama KIT Batang Ngurah Wirawan mengatakan, peringatan hari jadi ketiga tahun ini diisi dengan penyerahan infrastruktur dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yakni pengolahan tempat sampah terpadu, pengolahan air bersih, dan rumah susun 10 tower.

“Kalau pengolahan air limbah diserahterimakan pada Januari 2024, serta yang belum ada gerbang tol dan metering station PGN,” jelasnya.

Ia menjelaskan, sepanjang 2023 terserap tenaga kerja konstruksi sebanyak 500 orang, dan itu pun belum tenaga kerja pabrik yang menunggu perusahaan beroperasi.

“Untuk mempersiapkan tenaga kerja yang berkompeten, kami dengan Pemerintah Kabupaten Batang sudah berkomitmen bersama melakukan pelatihan-pelatihan kerja sesuai bidang yang dibutuhkan,” terangnya.

Ia juga menyebutkan bahwa KIT Batang juga sedang menunggu proposal pembangunan rumah sakit, SPBU, dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU).

“Penambahan yang sifatnya komersial adalah hotel sama toko-toko disebelah Kantor Pengelola KIT Batang,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan bahwa KIT Batang akan beroperasi pada tahun 2024, dan pemda setempat siap bersinergi untuk mempersiapkan calon tenaga kerja, yakni masyarakat Batang yang mempunyai kemampuan sesuai kebutuhan perusahaan.

“Apalagi tenant yang ada di KIT Batang sudah habis dan beberapa perusahaan sudah akan selesai pembangunan pabriknya,” ujar dia.

"Pada tahun depan kesempatan masyarakat Kabupaten Batang bisa mempersiapkan kemampuan kompetensi diri supaya jika ada pembukaan lowongan pekerjaan bisa terpilih," tandasnya.