Anggota DPR Daniel Mutaqien Tinjau Perbaikan Rutilahu di Desa Langut Indramayu

Indramayu - Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang juga putra daerah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, meninjau pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Langut, Kecamatan Lohbener.

Program BPPS atau perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) ini merupakan hasil perjuangan Anggota Komisi V DPR RI Daniel Mutaqien Syafiudddin dalam menyerap aspirasi rakyat Indramayu dengan harapan masyarakat Indramayu memiliki tempat tinggal yang jauh lebih nyaman.

Mas Daniel, sapaan akrabnya mengatakan, program BSPS untuk Tahun 2020 yang dibawa ke Kabupaten Indramayu sebanyak 1.800 rumah. Termasuk Desa Langut 25 rumah dan sejumlah program lainnya yang di bawah naungan Kementerian PUPR RI di wilayah dapil 8 Jawa Barat khususnya di Indramayu telah diberikan kepada masyarakat.

“Tahun 2020 ini Kabupaten Indramayu mendapat alokasi sebanyak 1.800 unit rumah program BSPS dari kementerian PUPR RI, besaran bantuan stimulan rumah swadaya untuk kegiatan peningkatan kualitas adalah nominal sebesar Rp15 juta per unit rumah dan Rp 2,5 guna upah tukang. relatif cukup sebetulnya dengan standarisasi atap, tembok dan lantai setiap unit rumah,” katanya di Indramayu, Sabtu (25/7).

Sosok muda yang merakyat itu,m ternyata konsisten menyerap aspirasi rakyat Desa Langut, terbukti semenjak dirinya duduk di kurisi DPR RI Komisi V total 300 unit rumah mendapatkan program BSPS. Tidak ayal berkat komunikasi yang baik antara dirinya dengan Kepala Desa Langut H. Juju Juberudin yang terus menggaungkan aspirasi rakyatnya.

“Jadi memang untuk program BSPS ini hampir total 300 rumah ya pak kuwu di Desa Langut yang sudah saya gelontorkan semenjak saya di DPR RI Komisi V. Ini pak kuwu yang selalu telfon saya agar meninjau perbaikan rumah rutilahu BSPS,” candanya.

Daniel, dalam kunjungannya selain meninjau perbaikan rutilahu juga meletakan batu pertama dimulainya program Pengembangan Insfaktuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW). Dilanjut dengan berbincangan sapa gurau dengan warga Desa Langut yang diakhiri dengan pembagian bantuan untuk anak yatim-piatu.

“Terima kasih masyarakat Desa Langut yang telah menerima saya dengan hangat dan juga Kuwu Desa Langut Juju beserta perangkatnya. Semoga program-program yang sudah diturunkan di Desa Langut ini bisa bermanfaat untuk warga,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Juju Juberudin mengatakan, program bedah rumah masing-masing RT di Desa Langut ada dan kedatangan H. Daniel Mutaqien Syafiuddin Anggota DPR RI Komisi V dari Fraksi Golkar tersebut untuk memastikan BSPS berjalan dengan lancar.

“Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tersebar hampir semua Rt ada. Untuk program ini saya sebagai kepala Desa yang mengusulkan kepada H. Daniel Mutaqien Syafiuddin, ST. Dan alhamdulilah terealisasi dan juga program Rabat Beton ready mix dengan panjang 550 meter lebar 2,5M melalui PISEW untuk tahun ini dikerjakan,” ujarnya.