Demak Raih Dua Penghargaan API Award 2023

Demak - Tembiring Creative Fun (TCF) berhasil menjadi Juara 1 kategori Destinasi Kreatif Terbaik pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award ke-8 Tahun 2023. Selain TFC, untuk kategori Destinasi Olahraga dan Petualangan Terbaik juga diraih oleh Jelajah Bumi Wali Offroad yang menyabet penghargaan teratas.

Adapun pengumuman dan penghargaan diberikan pada Bupati Demak Eisti'anah pada acara Puncak API Award ke-8 Tahun 2023 di Plaza Presisi, Mapolda Maluku – Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon pada Rabu (1/11).

Plt Kepala Dinas Pariwisata Endah Cahyarini, dalam keterangan tertulis, Jumat (3/11), menyampaikan penghargaan API Award ini untuk kesekian kalinya yang ditetima oleh Demak.

Dijelaskannya, pada tahun 2021 Demak pernah meraih dua penghargaan di dua destinasi yaitu Kategori Minuman Tradisional yakni Jamu Coro meraih Juara 2, dan kategori Destinasi Wisata Belanja pada Alat Musik Rebana sebagai Juara 3. Sedangkan di tahun 2022, Demak mendapatkan penghargaan API Award kategori Wisata Belanja pada Asap Indah Wonosari sebagai juara satu.

Endah menambahkan, ada 18 kategori yang dilombakan pada ajang tersebut meliputi, makanan tradisional, minuman tradisional, promosi wisata digital, brand pariwisata, destinasi belanja, cindera mata, wisata olahraga dan petualangan, wisata air, ekowisata, dataran tinggi, kampung adat, situs sejarah, atraksi budaya, festival pariwisata, destinasi kreatif, destinasi unik, destinasi baru, dan surga tersembunyi.

“Dari 18 kategori yang dilombakan pada tahun 2023 ini Kabupaten Demak meraih juara satu pada 2 destinasi wisata yaitu Tembiring Creative Fun (TCF) kategori Destinasi Kreatif Terbaik sebagai juara satu dan Jelajah Bumi Wali Offroad kategori Destinasi Olahraga dan Petualangan Terbaik sebagai juara satu,” kata Endah.

Endah berharap dengan adanya prestasi tersebut pariwisata yang ada di Kabupaten Demak bisa lebih di kenal oleh kalangan masyarakat baik tingkat provinsi maupun nasional.

Diketahui, ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak Industri/Swasta maupun Pemerintah,Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota, dalam mempromosikan serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan massif di masing-masing daerah.