Bupati Bondowoso Apresiasi Pemdes Tapen Gali Potensi Wisata

Bondowoso - Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin meresmikan Wisata Bukit Luwih (WBL) di Desa Tapen. Peresmian tersebut dilakukan Bupati Salwa setelah meresmikan Wisata Tirta Agung di Desa Sukosari Kidul.

Wisata Desa yang dikenal dengan sebutan WBL ini didirikan sejak Januari 2019 lalu. Wisata desa yang terbilang baru ini telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat jika dibandingkan dengan di desa lainnya.

Karena hal tersebut, Bupati Salwa memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Tapen yang telah berhasil menggali potensi di wilayahnya dengan membangun tempat wisata sehingga, dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan membelanjakan uangnya di Kabupaten Bondowoso.

Bupati Salwa menambahkan keberhasilan Pemdes Tapen itu sudah pasti berdampak terhadap laju perekonomian masyarakat desa khususnya warga Tapen.

"Saya apresiasi atas adanya WBL ini. Allah memberikan rezeki untuk bisa dikelola dan jangan merusak alam," tuturnya sebelum meresmikan WBL, Minggu (14/4).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Tapen, Rita Iriani menyampaikan bahwa tingkat kunjungan wisatawan sampai saat ini sudah mencapai 2.000 pengunjung.

"WBL ini baru dibangun sekitar 2 bulan lalu. Alhamdulillah sekarang sudah bisa diresmikan oleh Bupati," ungkap Kepala Desa Tapen, Rita Iriani.

Dijelaskan Rita, bahwa untuk saat ini hasil dari retribusi pengunjung masih digunakan untuk pembangunan-pembangunan dalam rangka pengembangan WBL di Desa yang dipimpinnya tersebut.

"Hasil itu kita masih gunakan untuk biaya pembangunan. Kedepan kita masih akan melakukan pengembangan-pengembangan agar WBL makin menarik," pungkasnya.

Untuk diketahui, peresmian wisata di Desa Tapen tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Harry Patriantono dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).(kominfo)