Peringati HCTPS Sedunia, Bupati Pemalang Simulasikan Cuci Tangan Pakai Sabun

Pemalang - Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengajak kepada masyarakat setempat untuk membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun.

Ajakan itu disampaikan Mansur saat melakukan simulasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir pada Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sedunia ke-16 Tahun 2023 di lingkungan Kantor Disparpora, Senin (16/10).

Simulasi cuci tangan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menguatkan budaya cuci tangan pakai sabun di kalangan masyarakat guna mencegah penyakit serta membangun Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS) sejak dini sehingga perilaku tersebut akan tertanam kuat pada pribadi anak dan anggota keluarga.

Mansur mengatakan untuk mewujudkan Kabupaten Pemalang yang sehat, bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana di lingkungan keluarga dan sekolah, diantaranya dengan memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan, yaitu dengan menjaga kebersihan diri pribadi yang dimulai dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun.

Selain simulasi CTPS, dalam acara bertema "Tangan Bersih Berada Dalam Jangkauan" itu juga ditampilkan bebeberapa kegiatan, antara lain cek kesehatan, senam CTPS dari siswa-siswi SD Negeri 01 dan 02  Widuri,  membersihkan sampah pantai dan pembacaan filosofi CTPS oleh Kepala Dinkes, dr. Yulies Nuraya.

Acara dihadiri OPD terkait, lurah widuri, Kepala Puskesmas Mulyoharjo, Ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten Pemalang,  Ketua TP PKK Kelurahan Widuri dan Sugihwaras, Ketua dan Pengurus Forum Pemalang Sehat (FPS) serta undangan lainnya.