Cegah ISPA Akibat Asap Karhutla, Pemkab Muara Enim Bagikan Masker Gratis

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan membagikan masker gratis kepada masyarakat maupun pengendara kendaraan bermotor yang melintas di depan Kantor Bupati, Rabu (11/10).

Hal ini Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat di Muara Enim, terlebih di musim kemarau seperti saat ini, ditambah lagi dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa titik yang berpotensi meningkatkan kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Pembagian masker yang diselenggarakan Dinas Kesehatan ini dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Ahmad Rizali dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Rose Mafiana.

"Tentunya kegiatan ini kita lakukan untuk memberikan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat bahwa saat ini kualitas udara di Kabupaten Muara Enim sedang mengalami penurunan, baik itu dampak dari karhutla ataupun debu sebagai dampak dari musim kemarau," ujar Pj Bupati Rizali.

"Masker memang hal yang dibutuhkan bukan karena COVID-19 saja, tapi sekarang karena banyak debu dan asap-asap karhutla yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan pernapasan/ISPA terutama terhadap anak-anak dan juga tentunya kita para orangtua," tambahnya.

Dirinya berharap dengan kesadaran yang lahir dari diri masing-masing, seluruh masyarakat dapat menggunakan masker hingga nanti pada waktunya kualitas udara Muara Enim sudah membaik.