Peringati Hari Kesaktian Pancasila 2023, Ini Pesan Pj Bupati Jayapura

Sentani - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, melar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Senin (2/10). Upacara Hari Kesaktian Pancasila dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo.

Hari Kesaktian Pancasila tahun tahun ini diikuti oleh Lanud Silaspapare Jayapura, Batalyon Infanteri 751, Polres Jayapura, Korpri, Siswa SMP N2 Sentani, Pegawai dengan Perjanjian (PPPK).

Pj Bupati Triwarno mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila sangat penting, bagaimana kita menghargai, menghormati, kembali menjaga komitmen pentingnya mengamalkan dan melestarikan Pancasila.

"Kenapa disebut Sakti pada peristiwa itu, karena Pancasila yang digali dari jati diri Bangsa Indonesia, mampu menunjukkan kesaktiannya," ujarnya.

Ia menambahkan, Hari Kesaktian Pancasila menjadi momen yang sangat penting, menjaga komitmen, mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Pancasila menghargai perbedaan sebagai bentuk sikap mental menjadi kekayaan yang melengkapi, mampu merangkai keanekaragaman, satu kesatuan yang mempersatukan, bertoleransi, bergotong royong," jelasnya.

Pj Triwarno mengajak seluruh elemen masyarakat,  di Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 untuk terus memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang Undang Dasar 1945, mampu menjaga dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Perlu Komitmen terus menerus, agar Pancasila tetap Sakti, tetap tangguh,” ujarnya.

"Saat ini Pemkab Jayapura fokus menangani Stunting, kemiskinan Ekstrim, menekan inflasi, memberikan pelayanan yang baik. Pemkab Jayapura mampu berkomitmen mewujudkan Zona Integritas Antar Umat Beragama, itu juga mengamalkan Pancasila dengan baik," tutupnya.