Bupati Tanah Datar Serahkan Hadiah Kepada Tiga LPM Terbaik

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra menyerahkan hadiah kepada tigs Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nagari terbaik Tingkat Kabupaten Tahun 2023.

Adapun 3 LMP Nagari itu, yakni Juara I LPM Nagari Situmbuk Kecamatan Salimpauang, Juara II LPM Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum dan Juara III LPM Nagari Guguk Malalo Kecamatan Batipuh Selatan.

Penyerahan hadiah oleh Bupati Eka Putra ini bertepatan pada acara silaturahmi DPD LPM Kabupaten Tanah Datar serta LPM Nagari se Tanah Datar, yang dilaksanakan, di Gazebo, Indo Jolito, Batusangkar, Jumat (29/9).

Bupati Eka Putra mengatakan, di tahun ini, Pemerintah Daerah (Pemda)  telah melakukan penilaian untuk 6 LPM Nagari di enam Kecamatan se-Tanah Datar. Dimana, dalam serangkaian kegiatan penilaian terpilih lah tiga LPM Nagari terbaik.

"Selamat untuk tiga LPM Nagari terbaik. Dari ketiga LPM Nagari itu, LPM Nagari  Situmbuk menjadi Juara I. Dan, juga telah mewakili Kabupaten Tanah Datar dalam rangka pembinaan dan penilaian tingkat Sumatera Barat," ujar Bupati Eka.

Di kesempatan yang sama, Bupati Eka Putra mengatakan, keberadaan LPM dianggap penting sebagai wadah untuk menampung aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

"Tugas LPM sebagai penyusun rencana berpartisipasi mengerakan swadaya gotong royong dalam upaya mempercepat terwujudnya kesejahteraaan masyarakat. Ini salah satu fungsi LPM di tengah-tengah masyarakat," ujar Bupati Eka.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Kabupaten Tanah Datar Jumharman mengatakan, LPM terus berpartisipasi dalam mensukseskan berbagai program PemdaTanah Datar.

"Ditengah keterbatasan LPM berupaya untuk terus melibatkan diri pada progam Pemda Tanah Datar. Harapannya, ke depan LPM dapat meningkatkan fungsi dan tugasnya, ini menjadi cita-cita bersama, mohon dukungannya," tukasnya.

Turut hadir dikesempatan itu, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Erizanur, Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, Kepala Bapeda Litbang Tanah Datar Dr. Alfian Jamrah, Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Abduraman Hadi, Kepala Bagian Protokol Setda Tanah Datar Dedi Triwidono, dan Tamu undangan lainnya.