Madrasah se-Tanah Datar Wakaf Hafizh Al Quran, Bupati Eka Beri Apresiasi

Batusangkar - Kementerian Agama Tanah Kabupaten Datar melaksanakan Wisuda Hafizh Tingkat Madrasah se-Kabupaten Tanah Datar yang digelar di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Minggu (24/9).

Wisuda Hafizh tersebut dihadiri langsung Bupati Tanah Datar Eka Putra, Kakanwil Kemenag Sumatera Barat Helmi, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Eka Putra menyampaikan rasa bangganya dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kemenag Tanah Datar yang telah melaksanakan wakaf hafizh bagi Madrasah se-Tanah Datar, dan itu sejalan dengan Program Unggulan Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah, serta upaya menjadikan Tanah Datar sebagai Kabupaten tahfizh.

"Ini juga menjadi spirit dan semangat bagi pemerintah daerah untuk terus menciptakan generasi yang unggul dan berkarakter dalam rangka menghadapi Indonesia Emas 2045. Kita yakin lebih dari 50 persen penduduk Tanah Datar sudah hafizh Al Quran," ujarnya.

Bupati Eka Putra juga menyebutkan, saat ini di Tanah Datar sudah lebih 15 ribu anak-anak sudah penghafal Al Quran.

"Dengan adanya kegiatan ini tentu akan terus bertambah," ujarnya.

Bupati juga mengingatkan pada semua anak-anak hafizh Al Quran, untuk selalu murajaah bacaan Al Quran di setiap kesempatan, dimana saja dan dalam aktivitas sehari-hari sekalipun.

Sembari terharu dan meneteskan air mata, Bupati Eka Putra menyampaikan doa untuk keberhasilan anak-anak hafizh Al Quran menjadi generasi muda yang cerdas, berkarakter dan sukses.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Sumatera Barat Helmi menyampaikan apresiasi atas wakaf hafizh Al Quran bagi Madrasah se-Tanah Datar tersebut. Diakuinya, kolaborasi antara pemerintah daerah dengan Kemenag sangat terlihat.

Helmi juga mengatakan, anak hafizh Al Quran adalah anak-anak yang cerdas, sehingga ada jalur tahfiz bagi yang akan melanjutkan kuliah, dilindungi Allah SWT, dapat menolak bencana yang mungkin akan diturunkan Allah SWT, doanya diijabah Allah SWT dan akhlaknya mulia.

Pada kesempatan yang sama, Kakan Kemenag Tanah Datar Amril mengatakan, wakaf hafizh ini juga dalam rangka mendukung program Kanwil Kemenag Sumbar yaitu gerakan 15 ribu hafizh dan hafizah dan sekaligus mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar yaitu satu rumah satu hafizh/hafizah.

"Wakaf hafizh Madrasah ini, sebelumnya telah melalui tahapan seleksi yang diikuti oleh sebanyak 3.108 siswa-siswi yang berasal dari 78 Madrasah dan yang lulus seleksi sebanyak 1.580 orang siswa," jelasnya.

Pada saat wakaf hafizh Madrasah tersebut, Bupati Eka Putra juga menyerahkan reward Umroh kepada yang terbanyak dan terbaik hafalannya yaitu diraih oleh Kayyisatus Syifa yang merupakan siswi MTsN 6 Tanah Datar.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan bersama Deklarasi Madrasah Anak, penyerahan beasiswa dari Bank Nagari Syariah dengan total Rp5 juta bagi siswa Madrasah, penyerahan reward bagi siswa dan siswi yang bacaannya terbaik dan juga terbanyak, penyerahan KTP oleh Bupati Eka Putra bagi yang berulang tahun bertepatan dengan pelaksanaan wakaf hafiz tersebut serta penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) dari Dinas Dukcapil.