Bupati Tanah Datar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Jorong Sialahan

Pariangan - Bupati Tanah Datar Eka Putra menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Jorong Sialahan, Nagari Batu Basa, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Kamis (21/9).

Kebakaran yang terjadi Kamis (14/9) sekitar pukul 18.45 WIB itu menghanguskan satu unit rumah permanen dan satu unit rumah kayu serta berimbas pada sebuah rumah kayu yang bertepatan disebelahnya.

Rumah permanen yang terbakar tersebut milik Nurlaini (50) dengan kerugian ditaksir mencapai Rp350 juta dan rumah kayu milik Laijah (80) dengan kerugian ditaksir Rp150 juta, serta satu rumah milik Zainar (85) yang merupakan korban terdampak.

Bupati Eka Putra saat memberikan bantuan dari Baznas Tanah Datar tersebut menyampaikan duka yang mendalam, dan berharap korban yang tertimpa musibah bersabar dan tabah dalam menghadapi cobaan dari Allah SWT.

Sebelumnya, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah menyampaikan bantuan yang diberikan kepada korban dalam bentuk uang tunai, masing-masing Rp7 juta untuk rumahnya yang hangus terbakar dan Rp3 juta untuk rumahnya yang terdampak.

Yasmansyah mengatakan, saat kejadian menjelang Maghrib itu Baznas juga langsung ke lokasi kebakaran dan besoknya langsung melakukan verifikasi dimana dua rumah hangus terbakar dan satu unit terdampak serta juga menghanguskan sebahagian dinding dan atap rumah yang berada tepat disampingnya.

"Dana Baznas ini dihimpun dari berbagai sumber seperti ASN di Tanah Datar, perorangan maupun dari berbagai instansi dan dipergunakan untuk berbagai program salah satunya kepedulian bencana ini," ujarnya.

Yasmansyah menyebut, dalam selang waktu yang belum lama di Kecamatan Pariangan ada tiga kejadin kebakaran yaitu rumah dan kedai atau warung. Oleh karena itu, ia berharap kepada korban agar tabah menghadapi ujian dari Allah SWT, dan kepada masyarakat agar selalu waspada karena bencana bisa terjadi kapan saja.