Pemkab Muara Enim Ikuti Interview Evaluasi SPBE 2023

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Sumatera Selatan, Interview Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2023 secara virtual yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda Muara Enim, Rabu (20/9).

Dalam kesempatan tersebut dilakukan klarifikasi dan validasi lebih lanjut oleh asesor eksternal Kemenpan RB terhadap bukti pendukung yang telah disampaikan oleh Diskominfo Muara Enim melalui Aplikasi Evaluasi SPBE sebagai hasil penilaian mandiri yang bertujuan untuk memantau kematangan penerapan SPBE di setiap Instansi Pemerintah serta mendapatkan gambarannya secara umum.

Dikatakan oleh Mira Suryani bersama Ahmad Baehaqi selaku tim Asesor Eksternal Kemenpan RB untuk di Kabupaten Muara Enim pengimplementasian Aplikasi yang diinput kedalam sistem penilaian SPBE sudah baik, akan tetapi masih ada kekurangan pada dokumen pendukung yang harus diinput. Untuk itu Kemenpan RB memberikan waktu selama lima hari untuk melengkapi kekurangan dokumen yang tersisa.

"Implementasi dan dokumentasi harus beriringan, jangan sampai pada pengimplementasianya sudah sangat baik akan tetapi dokumen pendukungnya kurang, hal ini akan mempengaruhi hasil penilaian dari indikator yang ada,"terang Mira.

Dinahkodai oleh, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Ardian Arifanardi yang berkolaborasi dan berkoordinasi dengan Perangkat Daerah terkait dalam menanggapi hal-hal yang dipertanyakan terkait 16 indikator dari 47 indikator yang ada dalam penilaian SPBE Tahun 2023 pagi tadi, proses interview berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam kesempatan itu, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Tim Asesor Eksternal Kemenpan RB dan jajaran Perangkat Daerah lingkup Pemkab Muara Enim yang telah ikut berkontribusi dalam rangkaian penilaian interview evaluasi SPBE Tahun 2023 pagi tadi. Dirinya berharap dengan arahan dan bimbingan dari tim asesor serta dukungan dari seluruh OPD, nilai indeks SPBE di Kabupaten Muara Enim akan semakin membaik.

"Ini tentunya menjadi PR kita bersama, perlu kita tindaklanjuti dengan seksama terkait point-point yang telah disampaikan oleh tim asesor eksternal Kemanpan RB tadi sebagai acuan kita bersama agar indeks penilaian SPBE Tahun 2023 ini Kabupaten Muara Enim mendapatkan nilai yang memuaskan," tandasnya.