Pemkab Jayapura Percepat Pemanfaatan Terminal Toware

Sentani - Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Perhubungan mempercepat pemanfaatan Terminal Tipe B Toware di Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura Alfons Awoitauw saat diwawancara di Sentani, Rabu (20/9).

Alfons mengatakan, percepatan pemanfaatan Terminal Tipe B Toware masuk dalam agenda pembicaraan pejabat di lingkup Pemkab Jayapura untuk mendukung aktivitas ekonomi masyarakat.

Menurut Alfons, selain membahas tentang terminal, pihaknya juga membahas mengenai pendaftaran semua aset fisik dermaga pada Kementerian Perhubungan dan Badan Perencanaan Pembangunan  Nasional (Bappenas) dalam skema Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN).

“Kita ingin semua dermaga di daerah ini didaftarkan dan dikelola dengan baik sehingga pemerintah memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena pemanfaatannya dengan baik,” ujarnya.

Alfons menjelaskan, pemerintah pusat terus mendorong percepatan pemanfaatan pelabuhan Depapre sebagai pelabuhan pengumpul dalam skema tol laut maupun layanan transportasi reguler penumpang.

“Kementerian Perhubungan selalu berkomunikasi dan kami (Pemkab Jayapura) untuk secepatnya mengoperasikan pelabuhan Depapre sehingga mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah itu,” katanya.

Dirinya menambahkan pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata pada tempat-tempat wisata di Kabupaten Jayapura menjadi salah satu perhatian serius pihaknya sehingga mampu menunjang perekonomian masyarakat.

“Kami selalu bekerja dengan menjaga komunikasi sektoral antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam segala pembangunan di daerah ini sehingga tujuan pembangunan tersebut tercapai dan masyarakat bisa sejahtera,” paparnya.