Cegah Stunting, Pj Bupati Jayapura Minta Beri Perhatian Masyarakat

Sentani - Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengajak kepala distrik, kampung, dan Dinas Kesehatan, serta pihak-pihak terkait lainnya untuk memperhatikan kondisi masyarakatnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah kekerdilan atau stunting.

"Apabila ada ibu hamil pemeriksaan harus terus dilakukan cepat dan sejak dini, agar anak yang dilahirkan tidak mengalami stunting,” ujarnya saat meninjau pemeriksaan ibu hamil, pemberian makan bayi dan anak oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura di Puskesmas Khomba Waliyau, Selasa (12/9).

Pj Bupati Triwarno mengatakan, dalam rangka penanganan stunting, Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura menggiatkan kegiatan Posyandu yang dipusatkan di Puskesmas Khomba Waliyauw. Kegiatan Posyandu ini dimulai dari pemeriksaan ibu hamil penanganan stunting dimulai dari skrining, pemberian makanan tambahan dan imunisasi agar anak-anak di Kabupaten Jayapura tidak mengalami stunting.

Pj Triwarno mengatakan, ciri-ciri stunting salah satunya adalah badan pendek, tetapi apabila ada anak yang pendek, harus diperiksa dengan baik, karena pendek itu belum tentu stunting, sehingga pemeriksaan berlanjut harus dilakukan pada anak.

"Bisa saja ada sakit atau gejala lain yang dialami oleh anak, sehingga pemeriksaan lebih lanjut harus dilakukan," pungkasnya.