Satgas TMMD Kodim Martapura Bantu Panen Padi Petani

Martapura -  Prajurit Satgas TMMD Ke-108 Kodim 1006/Martapura turun ke sawah untuk membantu panen padi para petani di Desa Biih, Kecamatan Karang Intan,  Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (23/7).

Pemilik sawah, Muhamad Kari (50) thn) bersama 60 orang lainnya yang sebagian besar petani merasa senang saat Satgas TMMD Kodim 1006/Martapura ikut turun dan bergabung bersama memanen padi. Sebelum memanen padi, Satgas TMMD mengingatkan petani tetap menjalankan protokol kesehatan.

Padi yang dipanen jenis pandak laut yang memiliki masa panennya lama dengan masa tanam selama 8 bulan, sedangkan untuk jenis padi bibit unggul masa panen hanya membutuhkan 100 hari atau sekitar 3 bulan.

Muhamad Kari (54), salah seorang petani merasa senang dan bangga dengan kepedulian anggota Satgas TMMD Kodim 1006/Mtp yang masih peduli dengan para petani.

"Tiap waktu ada anggota Satgas TMMD yang memberikan penyuluhan tentang pertanian, membagikan pengalaman cara bertani yang benar," katanya.

Ia berharap semoga TMMD tetap berlanjut di desa mereka, karena keberadaan TNI di tengah para petani semakin menambah semangat warga.

Sementara itu, Kopda Arif mengatakan bahwa di samping tugas sehari-hari sebagai Satgas TMMD ke-108 juga menyempatkan untuk terjun langsung memberikan penyuluhan serta memberikan saran, pengalaman dalam bertani khususnya petani sawah.

"Sudah menjadi program TNI untuk melaksanakan pendampingan kepada masyarakat dan ini bagian dari non fisik melalui penyuluhan pertanian. Hal ini untuk meningkatkan produksi pangan di Desa Biih dalam mendukung terwujudkan swasembada pangan," ujarnya.