Resmikan Rumah Tahfizh Kelas Orangtua, Bupati Tanah Datar Harap 6 Bulan ke Depan Wisuda Tahfizh

Batusangkar - Bupati Eka Putra menegaskan, pemerintah daerah terus mendorong dan mendukung kegiatan keagamaan di Tanah Datar, salah satunya dengan meluncurkan Program Unggulan Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah.

Hal ini disampaikannya di Masjid Nur Kamil Nagari Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru pada acara Peresmian Rumah Tahfizh Kelas Orangtua bimbingan surau Syech Abdul Manan Tanjung Alam, Minggu (10/9)

"Kita telah me-launching Progul Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah, yang tujuannya untuk menciptakan generasi muda penerus bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT," lanjut Eka Putra.

Sejalan dengan itu, tambah bupati, pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan dukungan pemerintah kecamatan bersama forkopimca, dan tokoh masyarakat Tanjung Baru atas pelaksanan program tahfizh program orangtua.

"Peresmian Program Tahfizh kelas orangtua ini merupakan pertama kali Saya hadiri dan tentu bisa menjadi contoh bagi yang lainnya, sehingga biasanya orang tua hanya mengantarkan anaknya untuk belajar tahfiz, di sini orang tua malah diajak langsung untuk tahfizh. Ini tentunya patut diapresiasi," ujarnya.

Dikatakan bupati lagi, perkembangan zaman dan teknologi saat ini, menjadikan generasi muda penghafal Al Qur'an dan cinta agama diharapkan mampu menjadi benteng dalam kehidupannya.

"Semoga dengan program ini akan lahir generasi muda dan juga orangtua yang memahami sekaligus mengamalkan kandungan Al Qur'an dalam kehidupan, sehingga masyarakat Tanah Datar Madani dan semakin sejahtera bisa dicapai," sampainya.

Terakhir Bupati Eka Putra berharap, kegiatan ini tidak seremonial belaka, setidaknya 6 bulan ke depan para orangtua akan melaksanakan Wisuda Hafizh minimal 1 juz. Dan juga berharap ada program untuk orangtua laki-laki.

"Saya harap ibu-ibu orangtua, 6 bulan ke depan wisuda hafizh, insya Allah Saya hadir dan memberikan hadiah untuk 4 orang terbaik," tukasnya.

Sementara, Pimpinan Rumah Tahfizh Syech Abdul Manan dan juga ketua pelaksana Edi Warman Sutan Dirajo menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati bersama rombongan.

"Meski awalnya was-was tidak bisa hadir karena masih di Jakarta, alhamdulillah pak Bupati Eka Putra langsung hadir di hadapan kita, ini bukti kepedulian beliau kepada kita semua dan juga kegiatan keagamaan yang dilaksanakan, terima kasih pak," katanya.

Diungkapkan Edi Warman, Rumah Tahfizh Syech Abdul Manan yang dipimpinnya saat ini setidaknya memiliki 120-an santriwan dan santriwati dari beberapa daerah Tanah Datar dan sekitarnya, dan orangtua sekitar 85 orang.

"Alhamdulillah, sudah banyak santri kami yang hafizh atau penghafal Al Qur'an, dan bisa kegiatan ibadah lainnya seperti shalat jenazah. Begitu juga dengan ibu-ibu yang hadir saat ini yang mengikuti kelas orangtua, sudah seluruhnya bisa melaksanakan salat jenazah," sampainya.

Dan terkait harapan bupati untuk melaksanakan wisuda tahfizh 6 bulan ke depan, Edi Warman bersama orangtua menyampaikan kesanggupannya.

Sedangkan, Wali Nagari Tanjung Alam Muhammad Zein Dt. Salam menyampaikan hal dan harapan yang hampir sama.

"Terima kasih, kepada Bapak Bupati dan rombongan yang tetap hadir di tengah kesibukannya. Semoga ini menjadi motivasi dan kebahagiaan tersendiri bagi kami masyarakat Tanjung Alam," ujarnya.

M. Zein juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak surai Syech Abdul Manan yang telah meluncurkan Rumah Tahfiz Program Orangtua.

"Tentunya Pemerintah Nagari sangat mendukung program ini, selain untuk santriwan dan santriwati usia dini. Program orangtua ke depan tidak hanya untuk kaum ibu, namun juga kaum bapak," harapnya.

Turut hadir Camat bersama Forkopimca Tanjung Baru, KAN, BPRN dan tokoh masyarakat Nagari Tanjung Alam dan undangan lainnya.