Kominfo: Peran Media Center Sebagai Humas Pemerintah

Singkawang – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menggelar webinar dengan tema “Media Center Sebagai Humas Pemerintah” melalui virtual, Rabu (22/7).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo RI Widodo Muktiyo mengatakan, peran penting media center sebagai humas pemerintah adalah membangun dan menjaga kepercayaan publik dengan menciptakan pesan yang tepat agar tidak terjadi kepanikan dalam masyarakat.

"Peran penting media center sebagai humas pemerintah ialah membangun dan menjaga kepercayaan pubik dengan menciptakan pesan yang tepat agar tidak terjadi kepanikan dalam masyarakat, ditambah masa pandemi COVID-19 bisa berdampak pada psikis masyarakat dalam menerima informasi," katanya.

Widodo berharap lini daerah bisa optimistis menyebarkan pesan-pesan positif sekaligus menutupi berita-berita hoaks yang menganggu cara berfikir masyarakat, untuk itu ia mengajak untuk menanamkan pesan-pesan yang positif.

Kepala Dinas Kominfo Singkawang Ahyadi berharap keberadaan media center mampu menjadi wadah interaktif antara pemerintah kota dengan masyarakat Singkawang.

“Media center harus menjadi pusat pemberitaan dan komunikasi yang sifatnya interaktif bukan satu arah sehingga terjadi dialog membangun,” ujarnya.

Lebih lanjut keberadaan media center harus mampu membangun “engagement” masyarakat bahwa semua lapisan ini menjadi bagian dari media center.

“Artinya adanya keterlibatan aktif masyarakat senantiasa menyampaikan dan menyebar luaskan berita maupun informasi yang bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri,” tegasnya.