Pemilih Pemula di Batang Simulasi Pemilu Lewat Pemilihan Ketua OSIS

Batang - Pendidikan politik termasuk cermat dalam menggunakan hak pilihnya, menjadi salah satu materi pembelajaran yang didapat peserta didik. Para pendidik berupaya mengenalkan pelajar cara menggunakan hak pilih yang tepat dengan menggelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang dikemas layaknya Pemilihan Umum (Pemilu).

Seperti dilakukan di SMAN 2 Batang, Selasa (5/9), para kandidat diberikan kesempatan untuk berorasi menyampaikan visi misinya di hadapan ratusan pelajar lainnya, sebelum kemudian dilakukan pencoblosan surat suara. Tata letak dibuat semirip mungkin dengan konsep pemilihan umum, seperti adanya bilik suara hingga tinta tempat mencelupkan jari, sehingga kesan pemungutan suara lebih terasa.

Ketua Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mata pelajaran PKn Kandriyah menyampaikan, Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang dikemas layaknya Pemilu ini, bagi siswa sebagai calon pemilih pemula, mengandung nilai edukasi agar mereka lebih siap menggunakan hak pilihnya, dalam pemilihan umum 2024 mendatang.

“Sebanyak 888 anak didik menggunakan hak pilihnya. Semoga setelah pembelajaran ini, tidak ada anak-anak yang golput saat pemungutan suara pada Pilpres 14 Februari 2024 mendatang,” katanya, saat mendampingi anak didiknya melakukan pemungutan suara pada pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS di Aula SMAN 2 Batang, Kabupaten Batang, Selasa (5/9/2023).

Lewat edukasi ini diharapkan mereka lebih siap segalanya, termasuk ketika mencoblos surat suara dengan benar.

“Mereka bisa menggunakan surat suara dengan baik, tidak rusak dan menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani,” jelasnya.