Sekdaprov Jambi: Dialog Kebangsaan Sarana Pemersatu Umat Beragama

Jambi - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jambi Sudirman menyampaikan bahwa Dialog Kebangsaan merupakan salah satu upaya dalam memperkuat persatuan dan kesatuan antarumat beragama.



"Saya mengapresiasi Dialog Kebangsaan ini, sebagai bagian dari upaya untuk terus memperkuat persatuan dan kesatuan, toleransi dan kerukunan antarumat beragama dalam keberagaman dan kemajemukan masyarakat Indonesia,” kata Sudirman pada pembukaan Dialog Kebangsaan dan Rakerwil Bamag Lembaga Keagamaan Kristen Indonesia Provinsi Jambi, di Jambi, Selasa (29/8).



Dialog seperti ini, kata Sudirman, dapat mengurangi mispersepsi, sebaliknya meningkatkan pemahaman dalam menyikapi permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sosial masyarakat, yang selanjutnya semakin menguatkan toleransi.



Kemudian, lanjutnya, saling menghormati dan menghargai perbedaan, bisa menerima perbedaan, bahkan bisa bekerja sama dan hidup berdampingan secara damai meskipun berbeda.



Dengan demikian, ujarnya, akan mendorong terwujudnya kondisi yang rukun dan damai dan berharap agar dialog kebangsaan yang diselenggarakan oleh badan musyawarah antar gereja (bamag) lembaga keagamaan Kristen Indonesia Provinsi Jambi ini turut meningkatkan kerekatan dan kohesi sosial di Provinsi Jambi.



"Guna mendorong terwujudnya kondisi yang aman, rukun, guyub dan damai, kondisi sangat dibutuhkan dan didambakan dalam melaksanakan dan menyukseskan program-program pembangunan, untuk meningkatkan kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan daerah dan nasional," kata sekda.



"Kedatangan bapak-bapak merupakan suatu kehormatan bagi kami, dan tentunya menambah semangat bagi seluruh peserta rapat kerja wilayah (rakerwil) dan dialog kebangsaan ini dan saya mengapresiasi pelaksanaan acara ini, yang tentunya bisa diselenggarakan dengan adanya kerja sama yang baik Bamag LKKI Provinsi Jambi dengan Bamag LKKI Pusat dan semua pihak terkait," tambah Sudirman.



Dirinya juga mengatakan Rakerwil ini merupakan upaya Bamag LKKI Provinsi Jambi dan Bamag LKKI Pusat untuk meningkatkan kinerja organisasi, yang juga berkontribusi dalam pembangunan daerah dan nasional.



“Dialog kebangsaan yang dirangkaikan dengan rakerwil ini merupakan suatu wujud kepedulian Bamag LKKI terhadap persatuan dan kesatuan serta kemajuan daerah, bangsa, dan negara,” tandas Sudirman.