Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat, Pemkab Banjar Serahkan Bantuan Tujuh Ambulans Air

Martapura - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan menyeragkan bantuan tujuh unit ambulans air di Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Selasa (29/8) pagi.

Fasilitas ambulans air ini demi meningkatkan kemudahan layanan kesehatan bagi masyarakat, terutama di daerah-daerah perairan yang sulit dijangkau.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie menyampaikan apresiasinya atas pencapaian luar biasa yang merupakan bukti nyata komitmen pemerintah daerah dalam memenuhi pentingnya pelayanan kesehatan yang berkualitas untuk masyarakat.

“Kita semua tahu bahwa Kabupaten Banjar memiliki kondisi geografis yang luas, dengan banyaknya wilayah perairan dan seringkali akses ke pusat pelayanan kesehatan menjadi sebuah tantangan. Oleh karena itu, hadirnya tujuh unit ambulans air ini adalah sebuah terobosan inovatif yang akan membantu menjembatani tantangan kondisi geografis ini,” ungkapnya.

Wabup berharap dengan adanya ambulans air, pelayanan kesehatan akan menjadi lebih lancar, cepat dan nyaman. Ia juga berpesan agar armada tersebut dijaga dan digunakan sebaik-baiknya sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Sementara, Kepala Dinkes Banjar Yasna Khairina mengatakan ambulans air tersebut tidak hanya untuk mengantar pasien tetapi juga dilengkapi beberapa peralatan gawat darurat bagi masyarakat salah satunya oksigen, lengkap dengan perawat dan pilot.

Sebelum meninjau, wabup Banjar menyerahkan secara simbolis armada ambulans air kepada Puskesmas Martapura Timur. 6 puskesmas lainnya antara lain Puskesmas Martapura Barat, Sungai Tabuk 1, 2 dan 3, Aranio dan Aluh-Aluh. Fasilitas ambulans air tersebut dilakukan peninjauan sekaligus batapung tawar secara bergantian pertanda siap dioparasikan.