Tanam 11.920 Pohon, Gubernur Jambi Ajak Generasi Muda Lestarikan Lingkungan

Muaro Jambi - Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, Gerakan Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) merupakan gerakan untuk mengurangi dampak pemanasan global. Hal itu dikemukakan Al Haris dalam acara Penanaman 11.920 pohon dan semak di kawasan Cagar Budaya Nasional Muaro Jambi Tahun 2023, Rabu (23/8) siang.

"Gerakan ini sangat bagus, tentunya ini bertujuan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya generasi muda," ujar Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris mengungkapkan, Provinsi Jambi memiliki banyak sejarah purbakala.

"Candi Muaro Jambi ini merupakan situs purbakala yang memiliki banyak sejarah, dan Candi kita ini bahkan lebih tua dibandingkan Candi Borobudur," ungkapnya.

Gubernur Al Haris juga menuturkan, Pemerintah Provinsi Jambi mendapatkan bantuan dari Presiden Republik Indonesia.

"Alhamdulillah kita tahun lalu mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk Candi Muaro Jambi, dan nantinya kita juga akan mengajukan Candi Muaro Jambi sebagai World Heritage Unesco," tutur Gubernur Jambi tersebut.

Sementara itu, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi Agus Widiyatmoko menjelaskan, Candi Muaro Jambi merupakan pusat pendidikan.

"Candi kita ini merupakan pusat pendidikan sejak abad ke-7 sampai abad ke-12. Oleh karena itu, saya mengajak kepada generasi muda untuk bersama-sama melestarikan cagar budaya dan alam di sekitarnya," jelas Agus.

Sementara itu, Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji mengatakan, Gerakan Siap Darling merupakan program bakti lingkungan oleh Djarum.

"Gerakan ini merupakan bentuk bakti Djarum Foundation dalam melestarikan lingkungan, dan saya berterima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah mendukung gerakan ini," pungkas Panji.

Gerakan Siap Sadar Lingkungan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Gubernur Jambi serta unsur Forkopimda lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.