Pj Bupati Jayapura Tekankan Pentingnya Literasi Digital

Sentani - Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo menegaskan pentingnya pemahaman tentang literasi digital bagi seluruh masyarakat dalam mendapatkan dan menyebarkan informasi khususnya melalui ponsel pintar (smartphone).

"Literasi digital itu tidak hanya untuk masyarakat, tapi penting kami sampaikan juga kepada seluruh ASN di pemerintah pusat dan daerah, karena literasi itu dimanfaatkan oleh seluruh lapisan, khususnya selain di samping juga ada komunitas," kata Pj Bupati Triwarno Purnomo saat membuka kegiatan Literasi Digital Sektor Komunitas Kampung di Aula Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Senin (21/8).

Kegiatan Literasi Digital Sektor Komunitas Kampung yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura melalui Mitra APTIKA dan Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) dihadiri oleh para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga perwakilan TNI/Polri, kepala distrik, dan kampung yang direncanakan berlangsung 21-25 Agustus 2023.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada Diskominfo Kabupaten Jayapura bersama mitra kerja dalam kerja nyata, dimana kegiatan Literasi Digital Sektor Komunitas Kampung kali ini bisa terlaksana.

"Yang pertama saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada bapak Direktur Jenderal Aplikasi Informatika yang diwakili oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan juga menyampaikan terima kasih kepada Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan yang mana kegiatan ini tidak dibiayai oleh APBD namun ini kerja nyata yang dibilang lobi-lobi dan support," ucap Pj Bupati Triwarno.

Ditambahkannya bahwa terkait dengan pembangunan fasilitas telekomunikasi yang sudah masuk hingga ke kampung-kampung dan mengharuskan Pemda Kabupaten Jayapura memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang penyebarluasan informasi yang baik dan benar.

"Kegiatan ini sangat penting, kenapa? karena masuknya Teknologi Informasi itu sangat kencang sekali dan cepat sekali, hingga kini kita sudah memiliki sekitar 187 site yang telah dibangun oleh beberapa provider yang tersebar merata di 19 distrik di Kabupaten Jayapura artinya bahwa informasi yang kita terima saat ini, sama halnya yang diterima oleh masyarakat di kampung-kampung,” jelasnya.

Selanjutnya, Pj Bupati Triwarno juga mengatakan bahwa pemanfaatan sarana teknologi informasi harus sesuai dan tepat sasaran, agar dampak positif bisa dirasakan oleh masyarakat dan dampak negatif bisa diminimalisir oleh melalui kegiatan-kegiatan atau sosialisasi seperti saat ini.