Kemenkes Canangkan Imunisasi Rotavirus di Pangkep

Pangkep - Kementerian Kesehatan melakukan pencanangan perluasan pemberian imunisasi Rotavirus (RV) secara nasional di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan.

Pencanangan imunisasi RV dilakukan langsung Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, didampingi Kadis kesehatan Sulawesi Selatan dan Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau, di aula rumah jabatan bupati, Selasa (14/8).

Wamenkes Dante memberikan langsung vaksin kepada anak bayi di Pangkep, termasuk anak bupati Pangkep.

Dikatakan Wamekes Dante Saksono Harbuwono, pemberian vaksin RV ini untuk mencegah diare pada bayi.

Imunisasi RV diberikan sebanyak tiga dosis mulai bayi usia 2 bulan dan maksimal usia 6 bulan dengan jarak minimal empat pekan antar dosisnya. Imunisasi RV harus diberikan tepat waktu untuk memberikan perlindungan sedini mungkin pada bayi dari bahaya diare berat yang disebabkan Rotavirus.

“Perlu diingat juga, pemberian vaksinasi RV ini diikuti dengan edukasi kebersihan. Edukasi kebersihan soal makanan, cuci tangan dan pemberian makanan kepada bayi harus tetap dilakukan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pangkep Herlina menjelaskan, pencanangan imunisasi RV ini merupakan program nasional. Diharapkan dengan pencanangan ini, anak-anak di Pangkep mendapatkan imunisasi lengkap.

“Insya Allah kita upayakan semua anak usia 2 bulan sampai 6 bulan mendapatkan imunisasi ini,” pungkasnya.