Dukung Smart City, Pj Bupati Jayapura Segera Pasang Wi-fi Gratis

Sentani - Dalam upaya mewujudkan Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua yang maju, Penjabat (Pj) Bupati Triwarno Purnomo segera memfasilitasi internet gratis berupa wi-fi di sejumlah area publik atau 10 titik lokasi di Kota Sentani.

Pemasangan wi-fi ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat mengakses internet secara gratis.

Pj Bupati Triwarno Purnomo mengatakan, sebagai salah satu kota yang perkembangannya sangat pesat, Kota Sentani merupakan wilayah yang sangat strategis dalam pengembangan jaringan teknologi informasi.

"Untuk teknisnya, saya sudah kasih petunjuk ke Kadis Kominfo, untuk kita melalukan koordinasi dengan pihak Telkom, agar bagaimana kita segera pasang internet gratis berupa wi-fi gratis di Kota Sentani, jadi nanti teknisnya ke kadis Kominfo," jelasnya saat dikonfirmasi, Senin (14/8).

Pj Bupati Triwarno mengungkapkan, fasilitas wi-fi gratis ini dilaksanakan dan di tempatkan pada beberapa ruang publik terbuka di 10 titik di Kota Sentani.

“Untuk titik lokasinya, kadis Kominfo yang tahu,” pungkasnya.

Hadirnya WiFi gratis ini ditujukan kepada masyarakat sekitar dalam menunjang publik demi terwujudnya smart city. Hal ini sejalan dengan kemajuan teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi.

"Ini bagian pelayanan yang harus kita berikan kepada masyarakat," ujarnya.

“Pemanfaatan dan Kebutuhan teknologi dalam hal informasi. Kita harus bisa memfasilitasi kepada masyarakat yang kesulitan untuk akses jaringan internet, sehingga ini menjadi perhatian kita untuk bagaimana kita bisa penuhi ini," lanjutnya.

"Kami mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura agar dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi terutama dalam memanfaatkan gadget itu harus bisa lebih bertanggung jawab dan juga harus tahu bagaimana menggunakan gadget yang produktif, bermanfaat dan positif," tambahnya.

“Semua harus cerdas dalam memanfaatkan informasi dan bertanggung jawab," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon mengatakan, pesatnya perkembangan TIK yang berlangsung selama beberapa dekade terakhir ini, telah membuat kebutuhan masyarakat terhadap informasi menjadi semakin meningkat.

“Ada beberapa titik yang sudah kita survei, pertama itu Pholeuw Park, kedua Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Bukit Teletubbies (Tungkuwiri)," katanya.

Sedangkan untuk titik-titik lainnya itu, ujar Gustaf, masih menunggu. Karena pemda punya ruang terbuka hijau ini salah satu pendukung untuk layanan internet gratis.

"Kami dari Dinas Kominfo rencana daerah-daerah yang dilalui jaringan Telkom itu kita akan pasang di Obhe-Obhe (pendopo-pendopo adat) sebagai tempat kumpul," ujarnya.

“Sehingga warga khususnya anak-anak muda di sekitar Obhe itu bisa memanfaatkan sebagai rumah belajar, juga bicara tentang edukasi, budaya dan lainnya di Obhe," tutupnya.