Lepas Peserta Rainas XII Kontingen Kwarcab Jayapura, Ini Pesan Pj Bupati

Sentani - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo melepas kontingen Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Jayapura untuk mengikuti pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega atau Perkemahan Raimuna Nasional (Rainas) ke-XII tahun 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Pelepasan berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (9/8) yang disaksikan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Jayapura Alex R. Dusay, Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Jayapura Abdul Rahman Basri, sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Jayapura, unsur Forkompimda, Kakak-kakak pembina Pramuka Kabupaten Jayapura dan para pengurus Pramuka Kabupaten Jayapura.

"Hari ini secara resmi kami lepas kontingen Raimuna Nasional ke-XII Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Jayapura," kata Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kabupaten Jayapura.

Diharapkannya kepada peserta Raimuna Nasional (Rainas) XII kontingen Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Jayapura hendaknya dalam setiap agenda yang telah ditetapkan Panitia Penyelenggara agar proaktif untuk mengikuti seluruh kegiatan serta menunjukkan prestasi dan performa yang baik pula.

"Kami harapkan anak-anak Pramuka kita dari Penegak dan Pandega di Kwarcab Kabupaten Jayapura bisa mengikuti kegiatan raimuna nasional ini dengan baik. Saya juga berharap kepada anak-anak Pramuka kita selama pelaksanaan raimuna agar dapat menjaga nama baik diri pribadi serta nama daerah Kabupaten Jayapura," harapnya.

Pj Bupati Triwarno menambahkan, sebagai Duta Kabupaten Jayapura, peserta Raimuna Nasional Kontingen Gerakan Pramuka Kwarcab Jayapura harus mampu menampilkan apa yang menjadi potensi kearifan lokal Kabupaten Jayapura, baik makanan tradisional, tarian khas serta seni dan budaya yang dimiliki.

Di mana, Pramuka Penegak dan Pandega yang diberangkatkan ini tentunya sudah melalui rangkaian proses seleksi mulai dari raimuna cabang beberapa waktu yang lalu.

"Jadi, peserta Raimuna Nasional ke-XII yang sudah terpilih dan kami kirim ini adalah Pramuka Penegak dan Pandega, yang memang betul-betul memiliki kemampuan dan terampil. Sehingga kami harapkan kontingen Raimuna Nasional Kabupaten Jayapura datang mengikuti raimuna nasional dengan membawa kemampuan, keunggulan dan keterampilan yang dimilikinya untuk ditampilkan dan ikuti seluruh kegiatan dengan baik," papar mantan Pjs Bupati Asmat ini.

"Saya harap kepada anak-anak Pramuka kita sebagai peserta untuk mengikuti kegiatan dengan semangat yang tinggi dan disiplin, juga untuk secara mandiri senantiasa dapat menjaga stamina dan kondisi kesehatan yang baik pula. Kesehatan yang prima sudah pasti akan menjadi faktor penting untuk meraih prestasi yang tertinggi dan totalitas pelaksanaan seluruh kegiatan," sambungnya.

Pentingnya kegiatan ini, karena pada momentum ini akan dihadiri seluruh anggota Pramuka terbaik dari seluruh Indonesia, juga wadah untuk meningkatkan minat, bakat dan prestasi, serta meneguhkan pendidikan karakter.

"Di dalam ajang ini, anak-anak kita ini bisa menyerap banyak pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dari anggota Pramuka daerah lain. Ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk diambil pengetahuan dan juga pengalaman saat mengikuti kegiatan raimuna nasional," bebernya.

Untuk itu, Triwarno Purnomo menyampaikan ucapan selamat kepada anggota pramuka yang terpilih menjadi perwakilan Kabupaten Jayapura, untuk mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) ke XII tahun 2023 di Cibubur, Jakarta Timur.

"Kegiatan Rainas ini tentu saja menjadi sebuah wahana bagi anggota Pramuka untuk berkumpul dan menjalin tali silaturrahmi, sekaligus membina persatuan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang berguna untuk diri sendiri, masyarakat sekitar perkemahan serta daerah mereka sendiri," kata mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Keerom in.

Pj Bupati Triwarno juga mengatakan, bahwa Pemkab Jayapura selalu menyambut baik dan sangat mendukung setiap kegiatan kepramukaan di manapun di selenggarakan di Tanah Air.

Ia juga berpesan agar Pramuka menjadi sebagai representasi anak muda yang maju dalam berpikir, dan sudah waktunya bisa mengambil peran besar dalam suksesi program pemerintah.

"Maka dari itu, manfaatkan lah beragam kegiatan di ajang raimuna kali ini untuk terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan masing-masing peserta. Sehingga dapat diaplikasikan kepada anggota pramuka lainnya," ujar Triwarno Purnomo diakhir wawancaranya.

Rombongan peserta Raimuna Nasional ke-XII Kontingen Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Jayapura akan berangkat menuju Jakarta pada tanggal 10 dan 13 Agustus 2023 mendatang menggunakan pesawat dan kembali pada tanggal 22 Agustus 2023 mendatang menggunakan pesawat dan kapal.

Untuk diketahui, Raimuna Nasional ke XII tahun 2023 akan dilaksanakan mulai tanggal 14 - 21 Agustus 2023 di Buperta Cibubur Jakarta Timur, yang difokuskan kepada bidang-bidang pengembangan diri pramuka penegak dan pramuka pandega terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spritual, sosial dan budaya sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat, dengan maksud meningkatkan kualitas pramuka penegak dan pramuka pandega se- Indonesia.

Supaya siap menghadapi perkembangan zaman dan menjadi bagian dari generasi yang siap menyambut masa keemasan Indonesia di tahun 2045 mendatang.