Menteri Susi Buka Banyuwangi Underwater Festival

Banyuwangi - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membuka Banyuwangi Underwater Festival yang menjadi rangkaian acara Banyuwangi Festival 2019 di wisata Bangsring, Selasa (2/4).

"Bu Susi akan membuka Banyuwangi Underwater Festival dan langsung mengikuti sejumlah acara mulai dari marine education yang diikuti pelajar yang kebanyakan anak nelayan, hingga menenggelamkan terumbu karang transplantasi," ujar Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Pemkab Banyuwangi, Suyanto Waspo Tondo.

Saat marine education, lanjut Suyanto, Bu Susi akan memotivasi siswa-siswa sekolah tentang pentingnya menjaga ekosistem laut. Selain itu, Bu Susi juga akan turut mengobati ikan hiu yang terluka dan melepas hiu yang telah sembuh di Rumah Apung Bangsring Underwater.

"Rencananya, beliau juga akan bermain kano di sana," tambah Yayan, sapaan akrabnya.

Wisata Bangsring Underwater adalah kawasan konservasi laut. Kelompok nelayan di sini berhasil memperbaiki ekosistem laut dengan mengubah perilaku dan budaya tangkap ikan para nelayan.

Sekitar 2 km dari bibir pantai, berdiri rumah apung yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di rumah apung tersebut, para wisatawan bisa melakukan diving, snorkeling, atau sekedar bermain dengan ikan-ikan hias yang ada di sana. Nelayan setempat juga menyewakan perahu bagi wisatawan yang hendak menyeberang ke Pulau Tabuhan, sebuah pulau tak berpenghuni yang menawarkan pasir putih bersih dengan kekayaan biota laut yang menawan.

Festival bawah laut ini juga akan dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan menarik yang sarat edukasi, seperti lomba memungut sampah laut oleh 1.000 nelayan, pelatihan mengolah sampah oleh 500 nelayan, hingga lomba mengolah sampah menjadi barang seni dan bermanfaat.

Selain Banyuwangi Underwater Festival, pada April ini terdapat delapan event lainnya, yakni Festival Musik Jalanan (6 April), Festival Lembah Ijen (20 April), Festival Kebaya (24 April), Banyuwangi Agro Expo (25 April - 1 Mei). Lalu festival Toilet dan Kali Bersih (26 April), Banyuwangi Culinary Festival dan Banyuwangi Art week (27 April - 1 Mei),  Women Cycling Challenge (27 April).