Festival Colo Sagu di Jayapura Sukses Digelar

Sentani - Polres Jayapura sukses menyelenggarakan Festival Colo Sagu (FCS) yang digagas oleh Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen.

Kegiatan pembukaan yang dilakukan pada Senin (26/6) dan ditutup pada Rabu (28/6) malam berlangsung dengan meriah dan membuat Colo Sagu ini semakin terkenal secara umum di Papua, dan khususnya di Kabupaten Jayapura sekitarnya.

Selama tiga hari pelaksanaannya, event bertajuk "Cerita Budaya Gotong Royong Membangun Negeri", berjalan dengan sukses hingga malam hari.

Pada festival ini menampilkan 30 pelaku UMKM lokal, kemudian mama-mama Papua penjual panganan sagu dan juga berbagai komunitas pemuda, serta beberapa organisasi paguyuban di Kabupaten Jayapura. Selanjutnya, ada penampilan artis-artis lokal, kemudian penyanyi asal Maluku Ona Hetharua.

Festival Colo Sagu yang berlangsung selama tiga hari dibuka dengan mengawali Colo Sagu bersama dan ditutup dengan makan bersama ulat sagu.

Hadir dalam penutupan Festival Colo Sagu, Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, Kapolda Papua yang diwakili Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, Sekda Kabupaten Jayapura Hana S. Hikoyabi, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo, Kapolres Jayapura yang juga Founder Colo Sagu AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, dan Ketua Panitia Pelaksana yang juga Co Founder Colo Sagu Michael J. Yerisetouw.

Turut juga dihadiri Kepala Kakanwil Kemenkumham Papua Anthonius M. Ayorbaba, S.H., M.Si., Kepala DPPAD Provinsi Papua Christian Sohilait, para Asisten, sejumlah Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jayapura dan unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura.

Hari ketiga atau penutupan Festival Colo Sagu ini berlangsung di Jalan Bandara Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu, 28 Juni 2023.

Festival Colo Sagu ini merupakan rangkaian dari memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke- 77 tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Polres Jayapura bersama unsur pemuda serta didukung Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dan beberapa sponsor yang berlangsung selama tiga (3) hari.

Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare yang diutus langsung Kapolda Papua untuk menyaksikan penutupan Festival Colo Sagu menyatakan apresiasi diberikan bapak Kapolda kepada tim kreasi atau panitia yang bisa mengemas acara ini sehingga bisa melibatkan komponen atau elemen masyarakat yang ada di sini

"Kita lihat pemerintah hadir, mama - mama Papua hadir, para pengusaha dan lebih hebat lagi ternyata yang terlibat menata semua acara ini adalah anak - anak muda, ini yang memang diinginkan oleh kita semua artinya setuju dengan mama-mama Papua bahwa tidak hanya dengan momen ini saja tapi setiap momen mereka ingin dilibatkan, karena kita tahu bersama bapak presiden kan punya perintah seperti itu setiap kegiatan apapun agar melibatkan masyakarat atau UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan mereka juga, selanjutnya bapak Kapolda mengundang mama-mama ini untuk datang pada acara malam panggung prajurit di Mako Brimob Kotaraja, jadi mereka datang hanya dengan membawa sagu tapi kita sudah beli semuanya," jelasnya.

Sementara, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, usai kegiatan Festival dalam wawancaranya bersama awak media mengatakan ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat terutama dari aspek sosial budaya.

"Kita punya begitu banyak potensi yang ada di Kab. Jayapura, salah satunya sagu merupakan potensi yang cukup baik, sehingga kita angkat sagu ini, supaya menghidupkan kembali UMKM-UMKM yang berbahan dasar sagu, hanya satu tujuannya kesejahteraan, kita mengacu pada semua program pemerintah salah satunya menekan laju inflasi, bagaimana kita menekan inflasi dengan menghidupkan kembali potensi-potensi lokal khususnya di kuliner yang kita ambil adalah pangan lokal utamanya sagu sehingga menjadi latar belakang kami dalam mengadakan Festival Colo Sagu ini," ucapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo mengapresiasi suksesnya Festival Colo Sagu. Ia menegaskan, kegiatan ini akan terus dibudayakan.

"Tidak hanya itu saat kegiatan-kegiatan raker di hotel yang kita sajikan sekarang sagu dengan kopi dengan teh, jadi ini akan kita galakan terus tidak hanya sekedar event-eevent hari ini tapi untuk seterusnya," tutupnya.