Pemkot Dumai Terima Hibah Ruas Jalan Simpang Batang dari Kementerian PUPR

Dumai – Pemerintah Kota Dumai menerima hibah Barang Milik Negara (BMN) berupa ruas Jalan Simpang Batang – Lubuk Gaung Seksi I dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Riau.

Penyerahan BMN itu ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah BNM dan Berita Acara Serah Terima (BAST) BNM oleh Wali Kota Dumai Paisal, Kepala Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional I Riau Herison Manjerang, dengan disaksikan oleh Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Riau T. Yuliansyah di kediaman Wali Kota Dumai, Kamis (8/6).

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Riau, T Yuliansyah mengungkapkan bahwa ruas Jalan Simpang Batang Lubuk Gaung awalnya merupakan program dari Pemerintah Provinsi untuk membangun jalan akses khusus ke arah pelabuhan Lubuk Gaung.

“Zaman itu masih di bawah kepemimpinan Pak SBY. Dengan anggaran APBN, pembangunan dilakukan di ujung-ujung dulu. Karena daerahnya gambut, jenis konstruksi yang tepat digunakan pada saat itu, yakni cakar ayam modifikasi dan konstruksi sarang laba-laba. Kita waktu itu berharap project tersebut masih bisa lanjut karena masih ada 17 km lagi yang harus dikonstruksikan, namun pembangunannya di-pending,” ujarnya.

Lebih lanjut Yuliansyah menerangkan, karena kelamaan tertunda, supaya jalan yang telah dibangun tersebut tetap terawat, konstruksinya dikembalikan ke Pemkot Dumai.

“Untuk tahun ini ada kelanjutan pembangunan melalui program Inpres Jalan Daerah. Kita telah mengusulkan anggaran dan sudah disetujui, tinggal menunggu Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)-nya. Bulan Juli kita sudah bisa konstruksi,” jelasnya.

Dengan adanya penyerahan hibah ruas jalan ini, ia berharap jalan yang telah ada dapat dirawat, dan pembangunan ke depan dapat berjalan lancar sehingga jalan tersebut dapat dimanfaatkan sehingga berdampak untuk kemaslahatan masyarakat Dumai.

Sementara itu, Wali Kota Dumai Paisal menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas penyerahan hibah tanah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Kerja  Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Riau.

"Atas nama Pemerintah Kota Dumai, kami mengucapkan terima kasih. Selain menujukkan bahwa pusat dan Kementerian PUPR concern terhadap pembangunan di Dumai, juga merupakan wujud komitmen pemda dalam upaya menyelesaikan berbagai persoalan terkait aset daerah. Terlebih, Jalan Simpang Batang ini sumber pendapatan APBN karena berada dikawasan Industri Lubuk Gaung,” pungkasnya.